Beragam ide segar tentang pengembangan industri pariwisata Jawa Timur, muncul dalam Seminar Partnering for Creative Industry di Convention Hall Gramedia Expo, Sabtu (23/05).

Event yang masih merupakan satu rangkaian dengan Majapahit Travel Fair (MTF) 2009 ini dihadiri kepala dinas pariwisata seluruh kota di Jawa Timur, dan beberapa kota di Indonesia. Hadir pula para pemilik dan pengelola tempat wisata (stakeholder), termasuk pengelola hotel, resto, dan travel agent.

Seminar ini menghadirkan pembicara I Gede Ardhika, mantan Menteri Budaya dan Pariwisata RI dan Ridwan Kamil, Ketua Bandung Creative City, serta Harun Msi selaku moderator seminar.

Menurut I Gede Ardika, pariwisata itu bisa dinikmati atau tidak tergantung pada bagaimana kita mengemas dan menyajikannya. Dan senada dengan hal ini, Ridwan kamil berpendapat, pariwisata dan budaya memiliki prinsip optimalisasi keunikan serta kekhasan daerah.

Joni Irianto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur mengatakan, pihaknya akan fokus pada industri kreatif di sektor eksternal maupun internal. Ia juga siap menggalakan dengan melalui beberapa tahap pendekatan dengan melibatkan masyarakat. “Dan saya harap masyarakat turut merasakan keterlibatan mereka dalam memajukan pariwisatanya di sekitarnya,” ujarnya saat di temui seusai acara.

Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta seminar. tentang bagaimana mengembangkan usaha industri kratif yang siap jual dan mampu bersaing di pasar internasional, imbuh Harun Msi. naskah dan foto : dhimas prasaja