Mengusung tema Tribute to WS Rendra, Kompetisi Teater Indonesia (KTI) resmi digelar, Senin (1/11) pagi di Taman Budaya Jawa Timur, Jl Genteng Kali 85, Surabaya.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Lintas Masyarakat Teater Jawa Timur serta Dewan Kesenian Surabaya. Dalam pembukaan teater tersebut juga di hadiri Ken Zuraida (Istri Alm. W.S Rendra), dan dimeriahkan oleh permainan musik Wukir Surjadi, kelompok music jazzrock Angin Timur serta penampilan khusus repertoar puisi dari Bengkel Teater Rendra (Cakrawala).

Kompetisi teater ini diikuti oleh 50 kelompok teater dari seluruh Indonesia.  “Kompetisi ini akan menjadi tonggak pertama penyelenggaraan kompetisi teater di Indonesia dalam skala nasional,” kata Diana Sasa panitia Kompetisi Teater Indonesia.

Sementara itu, Sabrot D. Malioboro dalam sambutannya mengatakan, acara ini bertujuan untuk menumbuhkan silahturahmi antara penggiat teater se-Indonesia. “Selain itu kita ingin membangun kembali rasa berteater kembali dari Surabaya kali ini,” tukas Ketua Dewan Kesenian Surabaya itu.

Peserta yang ikut ditahun ini terdiri dari kelompok teater lintas generasi, lintas usia, dan lintas aliran diharapkan mampu menjadi modal pembacaan baru peta teater di Indonesia. Kompetisi ini akan berlangsung hingga 8 November 2010, mendatang. Dan beberapa suguhan teater bisa dinikmati dengan mengganti tiket masuk seharga Rp 5 ribu di Taman Budaya Jawa Timur.

(naskah/foto: dhimas)