Tidak banyak di antara kita yang mengetahui dengan beberapa cerita legenda sejarah, khususnya generasi muda saat ini. Berangkat dari kegelisahan itulah, Raya PR and Marketing menggelar pameran lukisan tunggal karya seniman Gresik, Muslim, bertema The Legend of Story di Hotel Grand Surabaya, mulai 27 Oktober sampai dengan 5 Nopember 2012.

“Adapun pemilihan tema lukisan ini untuk mengingatkan kembali kepada kita semua, khususnya kawula muda supaya ingat dengan berbagai kisah legenda kita,” ujar Nur Hidayati, Direktur Raya PR and Marketing pada eastjavatraveler.com. Karenanya melalui lukisan karya Muslim inilah, kami coba mengangkat kembali cerita tentang legenda sejarah yang beragam di masyarakat.

Pelukis Muslim, terlahir di Gresik, 28 Desember 1980, ia dikenal sebagai seniman otodidak. Mulai melukis di atas kanvas tahun 2007, dengan karya pertamanya Legenda Nabi Sulaiman yang diselesaikan selama kurun waktu 8 bulan. Muslim sendiri eksis pada seni lukis bertema legenda sejarah. Dengan gaya seperti ini, ia mencoba menghadirkan berkesenian adalah muaranya dari hati, bukan semata-mata tren dan mengikuti pasar belaka, namun lebih ke totalitas dalam berkarya.

naskah: m.ridlo’i | foto: farid rusly