Pemandangan seperti apa yang bisa kita dapat saat terbang di rute Jakarta-Solo? Apakah melewati Gunung Merapi?

Menikmati perjalanan dari Jakarta ke Solo memang mengasyikkan. Apalagi Solo memiliki banyak wisata alam, termasuk spot-spot tersembunyi yang sangat indah.

“Saya melakukan perjalanan menggunakan pesawat dari Jakarta, sebelum keberangkatan saya sudah memesan tiket pesawat melalui situs Pegipegi yang memudahkan saya untuk membeli tiket pesawat Jakarta Solo,” aku Tiara, traveler asal Surabaya.

Untuk menggunakan layanan ini, lanjut dia, ia hanya perlu meng-klik melalui handphone, mlalu melakukan pembayaran yang sangat mudah serta harga terjangkau.

“Rute penerbangan saya pesan dari Pegipegi tiket pesawat Jakarta Solo yaitu dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Adi Sumarmo,” tambahnya.

Di situs Pegipegi, lanjut siswi sebuah sekolah menengah atas di Surabaya ini, terdapat catatan bagaimana keadaan di Solo yang memuat informasi penting yaitu di sana suhunya cukup panas.
“Saya disarankan untuk memakai pakaian katun yang mudah menyerap keringat dan membawa produk perawatan kulit seperti sunblock agar tidak membahayakan kesehatan kulit. Sangat nyaman sekali memesan tiket dan diberikan informasi yang penting seperti ini,” jelasnya.

Ketika menaiki pesawat dari Jakarta menuju Solo, ia memilih duduk di dekat jendela. Dengan demikian, ia bisa menikmati pemandangan indah, di antaranya gunung-gunung yang membentang di beberapa titik perjalanan.

Gunung-gunung tersebut sepertinya memang gunung-gunung yang terletak di Jawa Tengah dan juga Sleman, Yogyakarta. Pemandangan gunung-gunung tersebut bisa dilihat ketika cuaca cerah, gunung-gunung tersebut ialah Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Ya, pesawat yang ditumpangi melewati Gunung Merapi. Pada saat melewati Gunung Merapi pemandangan yang berbeda dari gunung lainnya karena gunung tersebut sedang banyak mengeluarkan asap dan banyak daerah yang masih hijau di sepanjang gunung, tidak lain dan tidak bukan adalah wilayah Sleman Yogyakarta dan sekitarnya.

Banyak juga rute pemandangan alam yang hijau ketika terbang melalui rute Jakarta Solo yang sangat indah dan bagus sekali, sayang untuk dilewatkan.

“Karena tergiur pemandangan alam yang indah yang sudah saya lihat dari pesawat kebanyakan adalah gunung, maka sesampainya di Solo saya langsung menuju ke lereng Gunung Lawu yang katanya memiliki air terjun yang sangat eksotis,” tambahnya lagi.

Saking indahnya, air terjun ini dijuluki ‘surga yang tersembunyi’.

“Ini membuat saya makin penasaran. Benar saja, sesampainya di air terjun yang ternyata namanya adalah air terjun Jumog memang air terjunnya seperti malu-malu bersembunyi dibalik semak belukar dan hutan-hutan yang rindang akan pohon-pohon,” jelas penggemar fotografi ini.

Air Terjun Jumog yang berada di Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, ini mempunyai harga tiket yang sangat murah hanya Rp 5000. Di sini ia bisa berfoto-foto sembari menikmati kesegaran air terjun yang jatuh dari ketinggian 30 meter.

Airnya sangat dingin dan fresh. Karena banyak pohon rindang kita juga bisa memasang hammock sembari tiduran dengan sensasi menggelitik dan segar dari air-air yang jatuh. Udaranya sangat dingin dan enak dinikmati karena setelah sekian lama ini sering menghirup udara yang tidak sesegar ini di Jakarta.

Agak sore, Tiara yang juga menyukai wisata alam itu menghabiskan waktu untuk berwisata alam lagi di Bukit Sekipan yang pemandangannya indah sekali dari atas ketinggian Karanganyar.

Di sini seperti desa yang dikhususkan untuk tempat wisata. Setiap bangunan yang dilihat di area Bukit Sekipan ini sangat cantik arsitekturnya. Terdapat bangunan-bangunan miniatur dari bangunan ikonik di dunia seperti Menara Eiffel dan ada bangunan unik yang mirip rumah adat yang ada di Indonesia disebut Rumah Papua. Terdapat kolam yang sangat besar yang ditengahnya digantung sebuah jembatan yang dapat kita sebrangi.

Sensasinya seru sekali menyebrangi jembatan gantung dari atas ketinggian. Bukit Sekipan ini berada di daerah Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar yang memang udaranya sangat sejuk dan cocok sekali untuk ngadem. Tempatnya buka 24 jam setiap hari dengan harga tiket masuk Rp 50 ribu, namun banyak sekali wahana-wahana lainnya juga seperti Kampung Halloween dimana kita bisa berfoto-foto dengan boneka berbagai macam hantu-hantu khas Tanah Air.

Itu pengalaman seru Tiara. Pengalaman kamu?