Bagi Anda yang senang menyantap ayam pasti sudah biasa dengan ayam goreng atau ayam bakar. Bagaimana dengan ayam lodho? Masakan ayam khas Trenggalek yang menggunakan ayam kampung betina.

Mengapa harus kampung betina? “Karena jika menggunakan jenis ayam horen ataupun kampung jantan maka citra rasa nya akan berbeda” tutur Pujiyah, pemilik Warung Sederhana, Klampis Harapan Surabaya.

Proses pembuatannya pun terbilang cukup sederhana. Ayam dicuci bersih, setelah itu dibakar di atas arang tanpa bumbu hingga matang. Setelah dibakar ayam direbus hingga empuk dalam campuran santan, cabe rawit, dan rempah-rempah.

Rasa yang ditawarkan dari ayam lodho ini adalah pedas, jadi sangat cocok bagi anda pecinta masakan pedas. Aromanya pun khas aroma gurihnya santan dan rempah yang kental serta taburan bawang goreng yang menambah keharuman. Tekstur daging yang dihasilkan pun sangat lembut dan halus.

Cara penyajiannya dibuat khas Trenggalek. Ayam disajikan bersama nasi gurih dan nasi putih biasa di tambah dengan urapan dan lalapan. Nasi gurih yang di masak dengan santan yang di tambah daun jeruk dan sere sehingga membuat nasi ini benar-benar gurih dan harum. Urapannya terdiri dari kecambah, daun papaya, kacang panjang yang di rebus dan kelapa sangrai yang di tambah dengan rempah-rempah.

Jika anda ingin menikmatinya anda bisa datang ke warung sederhana milik Ibu Pujiyah di Klampis Harapan gang 4 no. 2a. Anda cukup merogoh kocek senilai Rp.12.000 anda sudah bisa menikmati masakan lezat khas Trenggalek ini.

Ibu Pujiyah, Warung Sederhana
Klampis Harapan IV/2a, Surabaya
081230231261
(terima pesanan)

naskah : laurensia vianney | foto : heru raya kandari