Menginap di hotel ini, imaji kita akan terbawa pada atmosfir yang begitu kental dengan gaya Islami. Semua melebur bersama sebuah kenyamanan.

Mencari letak Grand Kalimas Hotel tidaklah terlalu sulit di tengah hiruk-pikuk kesibukan masyarakat di kawasan Ampel, Surabaya. Lebih tepatnya hotel ini beralamatkan di Jalan KH. Mas Mansyur 151 Surabaya. Atau letaknya persis di seberang Kalimas Hotel, karena Grand Kalimas Hotel merupakan pengembangan dari Kalimas Hotel yang lebih dulu ada.

Grand Kalimas Hotel dibangun sekitar akhir tahun 1993. Kata Grand Kalimas sendiri dimaksudkan bahwa hotel tersebut dikembangkan dari Kalimas Hotel, dan terletak di dekat Sungai Kalimas kebanggaan Kota Surabaya. Sedangkan pemilihan logo hotel bergambar jembatan petekan dipilih oleh pihak manajemen, sebagai wujud ikon di Sungai Kalimas.

Untuk room di hotel ini total 39 kamar yang terbagi atas kamar standard, superior, deluxe, dan suites. Tersedia pula potongan harga hingga 20 persen bagi tamu hotel yang menginap selama 1 bulan.

Mengenai tamu atau pengunjung yang menginap di sana memiliki berbagai tujuan. Mulai wisata rohani (mengingat letak hotel yang berdekatan dengan makam Sunan Ampel), urusan bisnis hingga sekedar ingin berlibur sambil menikmati suasana di kawasan Ampel. Untuk golongan pebisnis banyak yang berasal dari Jakarta, Mataram, Banjarmasin dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan untuk peminat wisata rohani banyak berasal dari Singapura dan Malaysia. Sedangkan wisatawan dari Jepang dan Australia paling sering datang dan menginap untuk berlibur.

Untuk tingkat hunian di hotel ini menunjukkan jumlah meningkat cukup tinggi saat di bulan Ramadhan hingga Lebaran. “Jumlahnya cukup banyak. Kebanyakan sudah dipesan orang Arab dari Jakarta yang mau Lebaran tapi nggak mau merepotkan saudaranya,” jelas Bambang Hermawan, Room Head Division Grand Kalimas.

Di bulan puasa biasanya kamar hotel banyak dipenuhi tamu wisatawan rohani. Sedangkan untuk saat ini kamar hotel telah penuh dipesan untuk hari raya nanti. “Kebanyakan sudah dipesan orang Arab dari Jakarta yang mau Lebaran tapi tidak mau merepotkan saudaranya,” ujar Bambang Hermawan.

Bahkan untuk memanjakan para tamu hotel di masa bulan suci seperti ini, pihak pengelola juga melakukan berbagai kegiatan. Seperti menjelang puasa Ramadhan tiba para karyawan di luar jam kerjanya mengikuti khataman Al-Quran bersama staff lainnya. Sedangkan selama bulan puasa, karyawan hotel dan masyarakat setempat biasa tarawih bersama di hall hotel.

Berbagai paket menu berbuka dan sahur dengan harga terjangkau juga disediakan di Jalalabi Restaurant, resto yang ada di dalam hotel yang kental dengan arsitektur Timur Tengah . Di Jalalabi inilah Anda dapat merasakan citarasa kuliner khas Timur Tengah yang menggugah selera, lengkap dengan nuansa ruang yang sangat mendukung.

Dan, bila memasuki masa liburan menjelang Lebaran, mereka biasa mendatangkan ustadz untuk memberikan ceramah agama sembari menunggu saat berbuka puasa. Baru setelah mendengarkan siraman rohani, di saat berbuka puasa Anda dapat menikmati segala macam hidangan yang tersedia. Mulai dari makanan bercitarasa Timur Tengah, Indonesia, Eropa hingga Cina.

Grand Kalimas Hotel
Jl. KH. Mas Mansyur 151 Surabaya
(031) 3523619, 3541616
email : grandkalimas@yahoo.com

naskah : arum | foto : dhimas prasaja