Dilandasi oleh keinginan melestarikan seni patung instalasi ke masyarakat luas, Asmuliawan dan Arifin, dua insan sahabat jebolan dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya (STKW), menggelar pameran patung instalasi bertema Aku dan Kamu yang diselenggarakan di Galeri Seni House Of Sampoerna, Surabaya.

Pameran ini dapat dinikmati dari 16 Desember 2011 hingga 8 Januari 2012 mendatang. Dengan menghadirkan 5 tema karya patung instalasi diantaranya seperti aku dan Kamu dan Menuju Sebrang. Sajian karya patung ini berukuran 15 cm hingga 170 cm. Dua orang seniman ini mengukir karyanya tak hanya sekedar berekspresi saja, namun, filosofi dari karyaseninya juga mencerminkan jalan hidup yang dilalui dua sahabat yang sama – sama mengenyam pendidikan seni semasa kuliah dahulu.

Gaya seni patung Asmuliawan lebih ke seni yang lux atau mewah, hal itu dapat ditengarai dengan penggunaan teknik mebel yang memperlihatkan kesempurnaan, halus dan nyaman untuk dilihat, namun tetap konsisten dengan ciri visualnya yang mendeformasi bentuk. Sedangkan Arifin lebih menonjolkan sentuhan fine art, natural, sekilas tak halus seperti karya sahabatnya, namun tetap nyaman dilihat.

Bagi Asmuliawan, seni menggambarkan keindahan humanitas dan realitas dengan memperhatikan wahyu kecantikan tentang kehadiran sang pembuat kecantikan meskipun kadang-kadang perhatian seniman bisa jadi berbeda. “Melalui pameran ini, kami berharap dapat mengukur hasil karya yang telah dicapai kepada masyarakat guna mendapat kritik dan saran membangun untuk meraih pengetahuan tentang kesenian yang lebih baik”, ujar Asmuliawan.

Senada dengan Asmuliawan, Arifin pun berharap pameran kolaborasi ini dapat menjadi pijakan pribadi untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih baik. “Pameran ini menjadi ajang bagi kami untuk memperkenalkan diri ke dunia seni rupa sekaligus mengapresiasi seni patung instalasi”, pungkas Arifin.  –fran