Ciri khas bangunan kayu bernuansa Jawa Tradisional yang kental dengan kelengkapan fasilitas, melebur bersama kesegaran udara pegunungan. Terasa makin meluruhkan jiwa saat kita berada di hotel ini.

Cobalah datang ke Hotel Bukit Daun yang berada di Jalan Agrowilis 777 Semen, Puhsarang, Kediri, Jawa Timur. Pengalaman dan perasaan berbeda dapat Anda rasakan. Mulai kaki melangkah ke pelataran hotel lalu menuju ke lobby, pilar-pilar kayu bergaya artistik dengan suasana ruangan yang begitu tenang, ditambah keramahan karyawan hotel akan menyapa siapapun datang.

“Memang hotel kami sangat didominasi unsur kayu jati, bambu, dan pepohonan. Untuk konsep dan desain bangunannya juga saya bikin sendiri,” ujar Adi Suwono, Owner Bukit Daun Hotel dan Resort. Bahkan, menurutnya bahan dasar kayu-kayu yang digunakan baik pada setiap ruangan maupun meubel, usianya sudah mencapai puluhan tahun.

Tak berhenti sampai di situ. Rasakan beberapa kenyamanan lain yang ditawarkan oleh hotel yang mulai grand opening pada 24 Maret 2006 ini. Seperti kelilingan tanaman hijau dan gemricik aliran sungai tak kenal lelah menggoda setiap tamu yang datang. Bagian ini seolah kian melengkapi berjuta kenyamanan dan ketenangan saat kita berada di hotel yang dibangun di lereng Gunung Wilis.

Beragam perasaan nyaman itu tentunya didukung dengan kelengkapan fasilitas. Maka tak salah bila hotel ini kerap menjadi rujukan perseorangan, keluarga, perusahaan, maupun instansi pemerintah yang ingin menginap, mengadakan gathering, hingga menggelar aneka bentuk pesta.

Salah satu bentuk pesta yang sering diselenggarakan di Bukit Daun adalah pesta pernikahan. Anda pun tak perlu bingung terkait segala persiapan mengisi momen terindah. Karena pihak manajemen hotel telah menyediakan Wedding Package yang lengkap dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari kamar pengantin menginap semalam, dekorasi, electone, hidangan untuk para tamu, MC, dokumentasi, dan masih banyak lagi.

“Wedding Package Bukit Daun, juga merupakan salah satu andalan yang ditawarkan pada masyarakat. Paket yang ditawarkan ada tiga dengan kapasitas minimal 300 pax, antara lain Paket Tulip, Paket Freesia, dan Paket Casablanca,” jelas Whening Arum Hapsari, Banquet Sales Coordinator Bukit Daun.

Sensasi Rasa
Untuk restaurant dan café, Bukit Daun siap memanjakan selera kuliner Anda. Soal resto, hotel ini punya Tulip Resto didukung dengan tempat yang luas, natural, dan mampu menampung ratusan orang. Menariknya di resto ini dihiasi dengan beberapa tanaman yang menghias rindang di setiap sudut. Sehingga mampu memberikan kesan sejuk dan nyaman di saat tamu menikmati sajian hidangan.

Menurut Adi Suwono, unsur cita rasa pada setiap menu makanan dan minuman di hotel ini yang sangat dijaga ciri khasnya. “Karenanya Bukit Daun berkesan hati-hati dalam menjaga rasa dan performa setiap menu yang tersedia,” imbuh bapak empat anak, kelahiran Kediri, 18 Juni 1966 ini.

Lihat saja aneka menu andalan yang disediakan. Antara lain, Nasi Item Bukit Daun sebuah makanan khas yang terbuat dari beras putih pilihan dan berbumbu dasar kluwak, Nasi Pecel Pincuk Bukit Daun, Nasi Goreng Kawah Gunung Kelud, Bukit Daun Salad yang diracik dari bermacam-macam sayur segar disajikan dengan saos 1000 pulau, Gurami Bakar Bungkus Daun, Sup Buntut Bukit Daun, Nasi Sayur Asem Bukit Daun, minuman alang-alang hangat, jus sehat, serta masih banyak lagi lainnya.

Satu lagi tempat bersantai yang ada di Bukit Daun, yakni Café Bougenville. Café ini menjadi sebuah tempat kongkow yang unik serta menarik. Posisinya berada di lantai atas bangunan hotel, dengan menaiki anak tangga berbahan kayu, serta dinding dan segala perabotan yang ada didalamnya juga terbuat dari kayu. Menariknya lagi adalah suasana yang ditawarkan. Menikmati udara segar perbukitan Gunung Wilis dan melempar pandang kawasan lereng pegunungan dan perkotaan.

Tak heran bila café yang berkapasitas 40-50 orang ini, kerap menjadi jujukan orang-orang yang ingin bersantai sembari ngobrol bersama relasi. Untuk urusan menu yang dapat dipesan, terserah pengunjung, mau pesan aneka makanan ringan dan aneka minuman, seperti softdrink atau juga kopi. Serta dapat pula pengunjung memesan aneka sajian yang di Resto Tulip lalu dinikmati di café ini. Kemudian, nikmatilah pengalaman berbeda berpadu dengan kesegaran dan keindahan tak terhingga.

Natural Resort
Sebagai hotel berkonsep natural, Bukit Daun melengkapi beragam tawaran fasilitas dengan kenyamanan lebih. Mulai dari tempat menginap, resto, café, meeting room, tempat untuk pesta, dan masih banyak lagi lainnya. Semuanya dipadukan dengan suasana yang khas dan berkesan.

Rasakan saja pada beberapa tipe kamar yang ada. Nuansa natural begitu kental terasa. Mulai dari dinding yang terbuat dari batu-batu alam dan ukiran kayu didukung dengan keindahan pesona alam. Berbagai tipe kamar didukung fasilitasnya tersedia untuk Anda. Antara lain, standart room, standart plus room, deluxe room, mezzanine room, java plus room, deluxe suite room, family suite room, dan president suite.

Fasilitas lainnya yang ada di hotel ini, tersedia galeri kerajinan, fitness centre, karaoke room, children playground, sauna and spa, meeting rooms, boutique pool, jogging track, outbond area, free WiFi, kolam renang, dan masih banyak fasilitas menarik lainnya.

Melihat jumlah tamu hotel yang makin meningkat, Bukit Daun kedepan akan terus mengembangkan beragam tambahan fasilitas yang ada. Hal ini, seperti yang diutarakan Adi Suwono, melihat okupansi hotel yang terus naik, maka kami akan mengembangkan hotel ini dengan beberapa tambahan fasilitas serta promo menarik agar tamu merasa betah, dan mempunyai pengalaman menarik selepas dari sini. (naskah/foto:m.ridloi)