Kegiatan traveling mungkin banyak digemari sebagian kalangan, mulai dari remaja sampai lanjut usia. Tujuan utamanya adalah bersenang-senang. Namun, persiapan harus dilakukan sematang mungkin, karena kebutuhan traveling memang tidak sama dengan kebutuhan berlibur lainnya. Dipastikan, traveler hanya membawa perlengkapan ‘penting’ dalam kegiatan traveling-nya, jadi tidak repot membawa barang kemana-mana. Meskipun kebutuhan penting sudah disiapkan, tak jarang anda yang suka traveling dan berlibur menemui beberapa kendala tiba-tiba, misalnya sakit kepala, atau keperluan mendadak lainnya.

Kebutuhan mendadak itulah yang membuat Novita Zaal-Soeharsono dan teman-teman dekatnya, berinisiatif untuk mendirikan mini shop disalah satu sudut Lobby Novotel Hotel Surabaya. “Ini semua berdasarkan pengalaman saya, waktu traveling biasanya ada kebutuhan mendadak, meskipun hotel sudah menyediakan, jumlahnya sangat terbatas. Mini shop ini, bisa dimanfaatkan pengunjung hotel jika sedang butuh sesuatu. Misalnya sakit kepala, kita sediakan obat sakit kepala, pembalut, sabun, dan souvenir untuk oleh-oleh juga,” terangnya disambut senyum, saat pembukaan Mini Shop Novita’s Collection (01/08).

Mini Shop Novita’s Collection memang tergolong lengkap, beberapa ‘printilan’ yang tak biasa disediakan hotel, terlihat berjajar rapi untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung Novotel Hotel Surabaya. Mulai alat mandi, cemilan krupuk puli, otaji (oseng-oseng tuna cepat saji), sampai souvenir khas yang dibawa Novita dari beberapa wilayah di Indonesia. Seperti kain batik tulis khas Ternate, bed cover lukis dari Bali, pernak-pernik perhiasan, sampai tas-tas cantik buatan tangan masyarakat Bojonegoro, Sidoarjo, dan Gersik.

Novita, tak hanya menjual barang-barang buah karya masyarakat Indonesia. Alumnus jurusan Sosial Politik ini, juga berniat menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan mini shop-nya, untuk membantu anak-anak cacat, yang berada di Yayasan Pembinaan Anak Catat Surabaya (YPAC).

naskah dan foto : pipit maulidiya