Ingin berwisata ke tempat yang unik? Museum Kesehatan Dr Adyatma, MPH di Jalan Indrapura 17, Surabaya ini dapat dijadikan rujukan jalan-jalan edukasi. Karena di dalamnya dipamerkan berbagai alat kesehatan tradisional dan sejarah perkembangan dunia kesehatan.

Museum Kesehatan dr. Adhyatma, MPH berlokasi jadi satu di Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (PHKKPM) – Kementerian Kesehatan RI. Museum ini diresmikan dr. Sujudi, Menteri Kesehatan pada 14 September 2004. Museum ini dirintis sejak tahun 1990 Dr. dr. Harijadi Soeparto, DOR. M.Sc. Ratusan benda koleksi itu dipajang di sasana sesuai kategorinya. Di sasana Adhyatma memajang koleksi almarhum dr. Adhyatma MPH sewaktu menjabat Menteri Kesehatan RI (1988-1993).

Di dalam museum terdapat tiga rute kunjungan yang dapat kita nikmati. Rute kunjungan terdiri dari sasana 1 hingga sasana 3. Untuk sasana 1 dan 2 berada  di dalam sebuah gedung yang sama, sedangkan sasana 3 berada gedung di sebelah utara. Ruangan sasana 1 ini memamerkan tentang sejarah ilmu kesehatan di Indonesia dan dunia. Foto-foto animasi yang menggambarkan bagaimana cara operasi pertama yang dilakukan di luar negeri juga turut menjadi pelengkap koleksi museum.

museum kesehatan2Tidak hanya itu diruangan sasana 1 juga berisikan Foto tokoh-tokoh sejarah kesehatan Indonesia, ijazah dokter di sekolah kedokteran pada jaman STOVIA. Mengikuti rute museum kita akan masuk kedalam sasana 2 yang berisikan tentang Kesehatan IPTEK. Diruangan ini terdapat alat alat medis yang digunakan saat jaman penjajahan belanda. Sebelum keluar dari sasana 2 kita akan melihat alat alat inovasi hasil penelitian seperti alat penyaring air bersih, serta beberapa alat daru ulang yang berhubungan dengan ilmu kesehatan.

Rute kunjungan terakhir adalah sasana 3, yang berkonsep kesehatan tradisional. Ruang kesehatan tradisional ini berisikan alat alat non medis yang digunakan pada masa lampau di indonesia. Koin yang digunakan untuk mengusir masuk angin, tanduk kerbau yang saat itu digunakan untuk teknik bekam menjadi salah satu koleksi di ruangan ini.

Menurut Sartono yang bertugas sebagai guide museum, museum ini sangat cocok untuk dunia pendidikan karena dimuseum ini dipamerkan alat kesehatan dan cara penggunaanya. “tidak hanya mahasiswa yang kuliah didunia pendidikan, museum ini juga sering dikunjungu anak SD – SMA” ujar Sartono.

Museum Kesehatan Dr Adyatma buka setiap hari, senin sampai jumat buka pukul 08.00 hingga pukul 15.00, sedangkan hari sabtu dan minggu buka jam 09.00 sampai pukul 14.00

naskah | foto : moch johan f