Nasi Kikil, hmmm dengar cerita teman saat berkunjung ke Jombang jadinya tergoda juga, dengan makanan yang konon katanya sangat khas di kota pesantren ini. saat datang ke Jombang, kita dapat jumpai penjual nasi kikil di Jalan KH Hasyim Asyari, Diwek, Mojosongo, Jombang.

Ada banyak warga setempat yang menjual nasi kikil. Terlebih saat malam hari, pemandangan ramainya kendaraan parkir di warung penyedia nasi kikil. Malam bertambah larut suasananya pun makin ramai. “Saat bepergian atau melintas di arah ini, saya dan keluarga kerap mengisi perut di salah satu warung nasi kikil ini. Rasanya khas dan pilihan lauk tambahannya yang beragam membuat kami senang makan di sini,” kata Wibisono, warga Pasuruan ditemui Eastjavatraveler.com di lokasi.

ejtcom_nasi_kikil 2Kepopuleran nasi kikil memang sudah cukup terkenal. Beberapa pejabat pun saat berkunjung ke Jombang seringkali menyempatkan untuk mampir makan nasi kikil di Diwek. Selain rasa dan pilihan lauk tambahan yang beragam. Alasan lain adalah harganya cukup terjangkau, per porsinya hanya Rp. 10 ribu belum termasuk lauk tambahan.

Makanan ini sendiri, sebenarnya nasi yang dilengkapi dengan sayur lodeh yang diberi irisan kikil sapi. Untuk penyajiannya ditaruh dalam sebungkus daun pisang. Dengan nasi dan sayur lodeh kikil yang masih hangat, dijamin bikin selera Anda makin terpuaskan.

Belum lagi bila kita menginginkan lauk tambahan seperti empal, lidah, paru, babat atau lainnya. “Semua tergantung kemauan pembeli saja, dan biasanya sebelum tengah malam dagangan kami sudah habis,” menurut penjual Nasi Kikil Warung Abang Cak Man.

naskah : m.ridlo’i / foto : farid rusly