Seiring perkembangan teknologi informasi, beberapa sentra perdagangan produk IT bermunculan di Surabaya. Salah satunya Hi-Tech Mall. Pusat perbelanjaan produk IT terbesar di Indonesia Timur ini berdiri di Jl Kususma Bangsa, tepat di depan Taman Makam Pahlawan Surabaya. Setiap hari, lalu lintas perdagangan, baik eceran maupun grosir, bergerak dengan cepat di sana.

Pembeli yang datang di tempat ini tidak hanya datang dari Surabaya, tapi juga kota-kota lain di Jawa Timur, Jawa Tengah, bahkan Bali. Maklum, selain dipenuhi dengan pedagang produk IT, beberapa ditributor resmi juga membuat sale representative di Hit-Tech Mall. Sehingga harga yang didisplay relatif lebih murah ketimbang yang ada di tempat lain.

Saat ini, Hi-Tech Mall memiliki lebih dari 950 stan dengan okupansi 99 persen. Pusat belanja yang membawa motto one stop shopping IT mall ini pernah mendapat sertifikat dari Museum Rekor Indonesia (MURI), karena berhasil memecahkan rekor sebagai pusat IT terbesar dengan jumlah stan terbanyak. Ditambah kenyataan, pemilik stan yang ada di mal dengan luas hampir 100 ribu meter persegi ini rata-rata sudah ada di sana 10-15 tahun.

Saat menyerahkan penghargaan itu Direktur MURI Paulus Panka mengatakan, Hi-Tech Mall berhasil mengolaborasikan kekuatan bisnis dari vendor, distributor dan pengusaha ritel.

Untuk menjaga kualitas produk yang ditawarkan, pengelola Hi-Tech Mall bersikap tegas pada peredaran dan penggunaan software bajakan. Sehingga produk komputer yang dijual di tempat ini, baik laptop maupun PC, dilarang keras menggunakan open source bajakan. Jika buyer keberatan membeli komputer dengan OS orisinil, maka dianjurkan untuk menggunakan free open source.

naskah dan foto : budi irawan | indonesiaimages.net