Bagi Anda penikmat Kopi sejati, ini dia tempat jujukan baru yang murah dengan kualitas sajian menu kopi bertaraf internasional. Dibuka pada Senin (27/06/2011), Cafe Ijen yang berlokasi di Kapas Krampung Plaza menawarkan menu kopi arabica dan robusta asli.

Mengadaptasi nama besar dari dataran tinggi Ijen sebagai penghasil kopi arabica terbaik di dunia, nama Java Coffee telah menjadi ikon Indonesia dan telah dinikmati di seluruh dunia. Ijen Cafe sendiri merupakan anak perusahaan Cafe Rollas yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara 12 (PTPN) dan terkenal dengan sajian kopi luwaknya. Tujuan didirikannya Ijen Cafe adalah menghadirkan dan mengenalkan produk utama PTPN 12 ke tengah masyarakat dengan harga terjangkau, yakni kopi dan teh asli Indonesia yang dibibit, ditanam dan diolah dan disajikan dari PTPN 12 sendiri.

Tempatnya yang berada di dalam mall, didukung dengan design interior dari kayu kopi asli, batuan gunung dan furniture alami membuat para penikmat kopi seolah terbawa suasana di perkebunan kopi. Tak hanya menu kopi dan teh saja yang ditawarkan Ijen Cafe, namun menu coklat hangat dan dingin serta sajian istimewa lainnya seperti sop buntut, rawon iga serta sego sambel tersedia disana.

Disela pembukaan Ijen Cafe yang dihadiri sejumlah direksi PTPN 12, Sugeng Budi Rahardjo selaku direktur pemasaran PTPN 12 memaparkan awal mula tercetus ide untuk membuka Ijen Cafe. “Awalnya PTPN 12 membuka Cafe Rollas sebagai etalase produk utamanya, namun seiring berjalannya waktu, banyak keluhaan soal harga yang terlalu tinggi, dari situlah Ijen Cafe muncul,” Ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Inti dari pembukaan Cafe Ijen adalah membuka Cafe yang menyuguhkan kopi sebagai sajian utamanya dan bisa dinikmati oleh siapapun dengan harga yang terjangkau. “Bukan hanya sekedar menikmati kopi di Cafe, namun masyarakat juga diberikan edukasi mengenai kopi dan teh asli Indonesia, Sehingga masyarakat akan lebih mencintai produk asli Indonesia dan kulinernya,” pungkasnya. naskah/foto: frannoto