Menu makanan Soto rasanya sudah familiar di telinga para pecinta kuliner masakan khas Indonesia. Bahkan soto telah menjadi menu masakan sehari-hari bagi para ibu rumah tangga. Namun, berbeda halnya dengan menu masakan yang disajikan Pondok Soto. Resto ini hadir dengan memadukan nuansa dan cita rasa tradisional yang khas dari masakan soto itu sendiri.

Lokasi resto ini berada di GWalk Shop House (GSH) W2-5 , wilayah Citraland, Surabaya menjadikan resto ini mudah untuk ditemukan. Mengiring langkah kaki masuk ke dalam resto,  imaji kita akan terbawa pada relung masa lalu. Nuansa yang kental terasa ini lantaran beberapa interior diberi aksesoris khas rumah tradisional Jawa. Seperti kaleng kerupuk rumahan, lampu ukir dan tempel masa lampau, keranjang pikul, dan masih banyak lagi lainnya.

Tak hanya pada suasana interiornya saja yang berbeda, nuansa tradisional ini juga dibawa pada konsep menu-menu yang tersaji di Pondok Soto. Menu yang dihidangkan disini antara lain, soto kikil dan tulang muda sapi pertama di Surabaya, kenikmatan rasa kikil sapi pada menu ini terletak pada tulang mudanya yang diolah hingga kenyal dan renyah untuk dikunyah. Menjajal rasa tulang muda ini, sontak lidah sekakan keranjingan dengan rasa khasnya. Disini juga tersedia aneka macam lauk untuk paduan saji soto, seperti daging dan babat.

Ada juga beberapa menu lainnya, seperti Rawon Istimewa Pondok tersaji dengan daging sapi pilihan yang empuk dam ramuan bumbunya sangat terasa di lidah. Bagi penyuka menu segar saat siang hari, di Pondok Soto juga tersedia menu Nasi Udang Special, sebuah menu yang terdiri dari komposisi nasi hangat ditambah irisan daging empal, dan udang yang digoreng gurih serta semangkuk sayur asem yang terasa begitu segar.

Untuk minumannya, Pondok Soto menyediakan Es Kelapa Muda yang disajikan dari kelapa pilihan dengan airnya masih asli dan segar. Ingin kesegaran lainnya, ada Es Campur Pondok, terdiri dari berbagai macam potongan buah pilihan yang kesegarannya menggoda selera juga tersaji mutiara, cao dan nata de coco. Selain itu, ada pula Es Labu, terbuat dari sari labu pilihan yang dijamin keasliannya, rasanya segar dan bermanfaat untuk mencegah panas dalam.

naskah : m. ridlo’i | foto : frannoto