Agus Koecink, seorang seniman asal Surabaya bepergian ke Prancis beberapa waktu lalu. Disana, dia mengamati kehidupan sehari-hari di Kota Rouen dan Paris. Dengan naluri seninya, dia menuangkan semua yang dilihat dan dirasakan ketika singgah di Prancis ke dalam karya seni lukis dan drawing.

Ide inspirasinya tersebut kemudian dipamerkan di Galeri Seni CCCL, jalan Darmokali, Surabaya, (05/05). Pameran seni lukis yang bertajuk Oleh – oleh dari Prancis tersebut dapat dinikmati dari tanggal 5 hingga 21 Mei mendatang. Sebanyak 30 karya yang dibuat saat residensi di Kota Rouen dan Paris ia pamerkan menggunakan media kanvas dan juga kertas.

“Tata ruang kota, berikut juga segala fasilitas penunjang bagi warga maupun wisatawan disana tetap tidak berubah meski kota Paris yang terkenal akan dunia modenya itu. Seperti butik, cafe, dan bangunan monumental tetap hidup sesuai budaya di dua kota tersebut, hal itu menarik saya untuk membuat catatan visual perjalanan disana,” ujar Agus di sela pembukaan pameran kemarin malam.

lebih lanjut dia menambahkan, lewat catatan visual yang dibuatnya di Prancis, kemudian di pamerkan di Surabaya itu setidaknya bisa memberi spirit warga Surabaya agar tetap menjaga budaya kotanya, meski hempasan arus modern semakin kuat.
naskah/foto : frannoto