Hadir dengan bentuk bangunan yang tak biasa, Hotel Oval hadir sebagai satu-satunya hotel berbentuk oval di Asia saat ini. Dan, tempat ini diharapkan menjadi ikon baru kebanggaan Kota Surabaya.

Letaknya sangat strategis, hanya sekitar 500 km dari obyek wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan Tugu Suro-Boyo. Mengingat letaknya di pintu gerbang menuju Surabaya dari arah selatan, berbagai sarana transportasi dapat digunakan. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi misalnya, bisa berhenti tepat di depan Hotel Oval menggunakan aneka kendaraan umum.

Dari segi bangunannya yang menjulang tinggi dan berbentuk oval. Itulah pesona yang tergmbar dalam lanskap Hotel Oval. Melangkahkan kaki masuk di pintu masuk lobi hotel Anda akan melihat hiasan di kacanya menyerupai lekukan keemasan melingkar dari sisi kanan ke kiri. Kemudian Anda akan disambut sekelompok burung tengah bertengger yang semuanya berupa ukiran kayu.

Warna hitam dan cokelat dengan motif garis maupun tekstur kayu pun memenuhi dinding lobi. Perabotan meja dan kursi makan pun tak luput dari perpaduan warna interior tersebut. Namun di sepanjang kaca mengelilingi hotel terdapat tanaman bambu dari plastik. Sedangkan di lantai dua hotel dindingnya dilapisi wallpaper berwarna krem, sama halnya dinding di lantai-lantai berikutnya.

“Konsep interior kami kebanyakan bergaya oriental,” kata Gatoet Soebono Hadi, Food & Baverage Manager Hotel Oval saat ditemui EastJava Traveler. Menurutnya konsep ini tampak pada bagian lobi hotel yang dulunya akan dibangun menjadi Hotel Liberti pada 2004.

Hotel berbintang tiga plus ini memiliki 16 lantai, belum termasuk lobi hotel. Merak Meeting Room dapat dijumpai di basement hotel. Di lantai ini juga terdapat tempat parkir mobil pribadi pengunjung hotel. Di lantai dasar (lobi) terdapat Panda Ballroom terletak berdekatan dengan bar & resto. Ruangan tersebut berkapasitas 300 tempat duduk dan bisa digunakan untuk private party maupun acara gathering. Begitu keluar dari lift lantai satu dapat dijumpai tiga buah meeting room yaitu komodo (60 orang), koala (lebih dari 60 orang) dan boardroom (dilengkapi dengan balkon).

Hotel Oval menyediakan kamar dengan jumlah total 176 buah terdiri atas Standard, Deluxe dan Suite room. Semuanya tersebar dari lantai dua hingga lantai 16. Perpaduan warna hitam, putih, coklat, dan krem dapat Anda nikmati pada interior di dalam tiap kamar hotel. Untuk Standar room, terdapat pilihan single bed maupun double bed. Keduanya dilengkapi dengan sebuah kursi sofa dan meja kecil bundar.

Deluxe room tersedia fasilitas tambahan berupa satu set sofa. Selain itu, terdapat meja kerja yang sebenarnya merupakan kreasi desain pinggiran melengkung kamar dekat jendela dan terbuat dari kayu. Desain tersebut mengikuti bentuk kamar yang melengkung di sisi jendelanya. Berbeda dengan Deluxe room, Suite room memiliki fasilitas tambahan sebuah ruang tamu pribadi di dalam kamar. Sedangkan di areal tempat tidur terdapat dua buah tiang pancang gedung berbentuk tabung. Ruangan ini juga memiliki space yang luas meskipun di letaknya tepat di lengkungan eksterior hotel. Pemanfaatan space inilah yang membuatnya pantas untuk dicoba.

Hotel yang beralamat di Jalan Diponegoro 23 Surabaya ini lebih banyak membidik target market pebisnis dan wisatawan lokal. Hal ini diimbangi dengan kombinasi menu makanan di bar & resto yang 60 persen adalah masakan Indonesia. “Sepanjang pengalaman saya orang Surabaya suka makanan Indonesia dibanding yang lainnya,” ungkap Gatot.

Pasca soft opening pada 5 Oktober 2009, pihak pengelola hotel masih mengusahakan konsep one stop entertainment (karaoke, kolam renang, juga spa) yang masih dalam proses pembangunan. Mereka akan bekerja sama dengan pihak KBS untuk keperluan wisata pengunjung hotel guna mendukung konsep tersebut. Mereka juga menyediakan promo diskon 15 persen untuk makanan maupun minuman di bar dan resto hotel.

Oval Hotel
Jl. Diponegoro 23, Surabaya
Tlp: (031) 5619998

naskah : arum enggaringtyas | foto: wt atmojo