Biasanya, berlibur atau berwisata identik dengan ketenangan dan bersantai. Tetapi, sekarang ini, berwisata bersama keluarga ataupun rekan kerja bisa dilakukan dengan permainan yang memacu adrenalin kita. Yaitu dengan bermain arung jeram atau rafting.

Dengan dikelilingi pemandangan alam yang indah di sekitar sungai, kita juga bisa merasakan serunya bermain rafting.

Tak pelak rafting belakangan ini menjadi salah satu hiburan idola para pemberani. “Rafting yang dikenal dengan olah raga arus deras ini sekarang bukan lagi olahraga murni, tetapi sudah dikemas menjadi satu dengan hiburan” kata Imam Santoso, Managing Director Songa Rafting.

Sebagai permainan yang bisa dibilang cukup ekstrem. Anda tak perlu takut akan keselamatan diri. Karena hal itu bisa ditepis bila kita telah memenuhi standar-standar yang ditentukan untuk turun ke jeram.

Mulai dari persiapan segala peralatan yang diperlukan untuk bermain rafting. Seperti helm, boat, dayung, dan pelampung. Selain itu di setiap perahu akan didampingi guide (pemandu,red), yang akan memandu pemain untuk menghadapi berbagai rintangan yang ada.

Untuk bermain rafting dapat mendaftarkan diri di beberapa tempat yang menyediakan jasa, maka setiap orang akan diikutkan asuransi. Dalam permainan rafting, setiap kali ada pengunjung maka juga akan diikuti oleh team rescue untuk berjaga-jaga. Sebelum bermain, para pemain di-briefing terlebih dahulu. Untuk mengetahui cara-cara atau teknik yang diperlukan dalam permainan air ini.

Noars Rafting
Salah satu tempat yang menawarkan atau menyewakan peralatan untuk rafting adalah Noars. Di Surabaya, kantor Noars ini dapat ditemui di Jalan Adityawarman 70 Lt. 2.

Setiap orang yang bermain rafting dengan menggunakan jasa Noars akan mendapatkan sertifikat. “Di Noars ini memiliki 50 macam jeram, selain itu juga ada goa kelelawar dan jumping area” tutur Jovieta, Head Marketing Noars.

Sungai yang digunakan Noars ini ada dua, di Pekalen Desa pesawahan Kecamatan Tiris, Probolinggo dan di Sampean, Bondowoso. Peminat rafting yang ada di Noars ini dalam sehari ada sekitar 10 sampai 20 orang, tetapi kalau weekend bisa mencapai 50 sampai 100 orang.

“Daya tampung boat milik Noars ini lebih besar, kalau standarnya dalam satu boat muat untuk lima orang dengan satu orang guide, tetapi di Noars bisa untuk enam penumpang dan satu orang guide” tutur Jovieta.

Songa Adventure
Selain Noars ada juga Songa Adventure yang juga menawarkan paket rafting, dan berbagai permainan yang menarik lainnya. Kantor Songa yang ada di Surabaya beralamatkan di Jalan Nginden Semolo 34-40 kav. A-11 Ruko The Mezzanine.

Jeram yang digunakan Songa ini ada di Probolinggo, yaitu di Pekalen bawah, Desa Condong Kecamatan Gading, dan Pekalen atas di Desa Pesawahan Kecamatan Tiris. “Peminat rafting di sini lebih banyak yang dari perusahaan dan karyawannya yang jenuh dengan wisata yang biasa-biasa, jadi rafting bisa menjadi pilihan utama mereka” ujar Imam Santoso.

Untuk reservasi di Songa ini sangat mudah bisa lewat telepon. Usaha yang buka sejak tahun 2000 ini memiliki guide sekitar 40 orang dan 15 orang untuk team rescue. Mereka siap memberikan pengarahan tentang keselamatan bermain rafting.

Sedangkan untuk pakaiannya, yang direkomendasikan adalah pakaian kasual. Seperti kaos dengan celana pendek dan sepatu kets atau sandal gunung.

Terjangkau dan Bervariasi
Berbagai paket rafting yang ditawarkan di Noars ada lima macam. Salah satunya adalah Beautiful Noars Rafting Trip, inilah yang paling sulit jeramnya. Harga untuk paket ini Rp 225 ribu per pax. Perjalanan dalam paket Beautiful Noars Rafting Trip ini sepanjang 12 km dan bisa merasakan 50 macam jeram yang ekstrem. Dan di tengah perjalanan ada waktu istirahat sekitar 10 sampai 15 menit.

Paket lain ada Excellent Noars Rafting Trip, dalam paket ini jarak perjalan yang ditempuh 5 km dan memakan waktu paling cepat dibandingkan dengan paketan lainnya. Harga untuk paket ini dipatok Rp 185 ribu per pax. Ada juga Funtastic Noars Rafting Trip, dalam paket ini menempuh jarak 9 km. Dan masih banyak paket lainnya.

“Funtastic Noars Rafting Trip ini yang paling tidak menakutkan, tetap ada jeramnya tetapi tidak seekstrem yang lain,” imbuh Jovieta.

Untuk di Songa Adventure paket rafting yang ada seperti Songa Incridible Trip, dalam paket ini untuk reservasi harus minimum lima pax dengan harga Rp 189 ribu per pax. Dalam paket ini memakai jalur Pekalen Bawah.

Songa Funtastic Trip, untuk paket ini reservasi minimum 10 pax dengan harga Rp 189 ribu per pax, dan jalur yang dipakai jalur Pekalen Tengah. Songa Beautiful Trip, dalam paket ini minimum reservasi lima pax dengan harga Rp 219 ribu per pax, dan memakai jalur Pekalen Atas.

Songa Extreme Trip, paket ini reservasi minimum harus 20 Pax dengan harga Rp 350 ribu per pax, dan memakai jalur Pekalen Tengah sampai Pekalen Bawah. Songa Expedition Trip, dalam paket ini reservasi minimum harus 20 pax dengan harga Rp 550 ribu per pax, dan memakai jalur Pekalen Atas sampai bawah.

naskah : arista ika | foto : wt atmojo