Maraknya berbagai macam bentuk mainan di pasaran, membuat orang tua harus ekstra memilah dan memilih, sebelum diberikan kepada sang buah hati. Karena tak jarang, terdapat mainan yang mengandung senyawa berbahaya BAP. Seperti yang dikutip dari melindacare.com, bahan BPA atau bisphenol-A merupakan zat kimia sintetis yang berbahaya karena efeknya bisa mempengaruhi kesehatan, reproduksi, perkembangan dan tingkah laku anak.

Untuk itu, mainan yang bagus tentunya terbuat dari bahan yang berkualitas dan aman. Baru-baru ini telah tersebar di Indonesia khususnya Bogor dan Surabaya, mainan LOZ Diamond Block.

Diamond Block merupakan mainan edukasi yang juga bisa digunakan sebagai gift atau souvenir. Mainan bongkar-pasang ini memiliki ukuran 1/8 lebih kecil dibanding mainan block biasa. Ukuran terkecil adalah 44mmx4mmx5mm, sehingga memungkinkan untuk membuat model menjadi lebih rinci dan detil.

“Mainan ini sudah ber-Standart Nasional Indonesia (SNI), untuk umur sembilan tahun keatas. Bagi pecinta permainan brick and block, Diamond Block ini lebih menantang. Karena ukuran block yang lebih kecil, butuh ketelatenan, ketelitian juga untuk memainkannya”. Tutur Johny Soefianus, Direktur Utama LOZ Indonesia.

Hal ini juga dibenarkan dr. Meta Hanindita, SpA., “Selain memiliki piece yang lebih kecil, Diamond Block mengenalkan warna, bentuk dan ruang, ia mengasah kemampuan motorik halus, Imajinasi anak akan makin berkembang, ukuran Diamond Block yang kecil justru semakin melatih kesabaran, ketelatenan, ketelitian, dan kerativitas anak,” ujarnya

Selain itu, Diamond Block menggunakan bahan yang bebas BPA, sehingga aman digunakan untuk mainan maupun aktivitas si kecil. Bentuk lucu dan menarik, mudah dibersihkan, dan mudah dimainkan. Selain anak-anak, mainan ini juga menarik remaja dan profesional sekalipun.

Diakui Johny, ia merupakan salah satu orang dewasa yang gemar memainkannya. “kurang lebih satu sampai dua jam untuk menyusunnya,” aku laki-laki berkacamata ini.

Meskipun di Indonesia belum ada industrinya, mainan ini bisa di dapat dibeberapa mall di Surabaya, “di pasar juga sudah tersebar,” tambahnya.

Lebih lanjut, LOZ Indonesia mengadakan pameran dan contest di Ciputra World Mall Surabaya, pada 6-12 Juli 2015 untuk lebih mengenalkannya pada masyarakat Surabaya dan Sekitarnya. Ratusan karakter yang dipamerkan sangat beragam. Salahsatunya adalah rangkaian wajah presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang disusun dengan 20 juta pieces Diamond Block.

naskah : pipit maulidiya | foto : farid rusly