Bersih, luks, modern, tradisional, dan nyaman. Mungkin kata-kata itu yang bisa menggambarkan Jamoo Café and Restaurant.

Awalnya, cafe ini menggunakan nama Cafe Garden. Lalu tahun 2006, berubah jadi Jamoo Café and Restaurant. Nama jamoo, diambil dari kata jamu yang dalam Bahasa Indonesia berarti obat tradisional.

“Nama Jamoo diambil karena restaurant ini membawa konsep dengan sentuhan unsur tradisional,” ungkap Andy Nia, Public Relations Shangri-La Hotel Surabaya. Ini bisa dilihat dari interior modern minimalis dan tradisional khas Jawa, berbaur menjadi satu sehingga menciptakan kesan yang sangat serasi.

Untuk pilihan menu, lanjutnya, Jamoo menyiapkan jajan pasar, makanan tradisional, bahkan minuman beras kencur.
Suasana nyaman langsung terasa ketika pertama kali memasuki area Jamoo Café and Restaurant. Belum lagi ditambah view yang menghadap langsung ke kolam renang, menjadi nilai tersendiri bagi Jamoo Café and Restaurant yang mampu menampung kurang lebih 300 orang ini.

Buffet dengan berbagai macam pilihan, berjajar rapi mengelilingi ruangan seolah menyambut kedatangan pengunjung. Di sini, pengunjung dimanjakan dengan sembilan station makanan yang menawarkan menu-menu andalan mereka.
Mulai dari Sweetness Corner yang melingkar di tengah ruangan, menawarkan berbagai macam makanan manis seperti cake, jajanan tradisonal, ice cream, chocolate fountain dan pancake. Bagi Anda penggemar makanan manis, Sweetness Corner ini bisa Anda jadikan menu pembuka ataupun menjadi menu alternatif desert.

Beranjak ke bagian dalam, Anda akan menemukan Hot Station yang menyediakan berbagai macam menu utama, baik Western food, Indonesian food maupun Chinese food. Untuk Chinese food tersedia sajian kakap asam manis atau nasi goreng Hongkong.

Untuk Indonesian food Anda bisa mencicipi lezatnya sop buntut dan rawon yang sangat menggugah selera. “Anda tidak akan pernah merasa bosan dengan menu-menu ini karena akan berubah macamnya setiap harinya,” kata Nia lagi.

Soup Corner
Jamoo juga menyediakan Grill Corner yang menyediakan banyak pilihan menu panggang, seperti kalkun grill, salmon grill, maupun daging panggang.

Apabila Anda juga menyukai masakan Jepang, Jamoo juga bisa Anda jadikan salah satu alternatif pilihan. Mulai dari sashimi, sushi, maupun tepanyaki tersaji lengkap di sini. Tepanyaki dimasak secara live cooking.

Jika Anda menginginkan suatu makanan yang lebih menyehatkan, Jamoo memiliki Soup Corner yang menjadi andalan buffet mereka. Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam sup dari seluruh belahan dunia.

Mulai dari Corn Soup, Chicken Soup, Cream Soup, Crab Soup, Laksa, Soto Ayam, dan yang paling favourite adalah Tom Yam.

Selain buffet yang ada, Jamoo Café and Restaurant juga melayani pemesanan untuk jenis makanan lainnya. Tentu saja, menu ini berbeda dengan makanan yang ada di buffet, sebut saja sandwich, hamburger, atau spaghetti.

Menu Spesial
Untuk hari Rabu dan Kamis, Jamoo Café and Restaurant menyediakan barberque khusus dengan berbagai macam pilihan. Barberque ini dapat Anda nikmati di bagian teras Jamoo Café and Restaurant.

Untuk Anda penggemar seafood, Jamoo Café and Restaurant juga memberikan berbagai macam menu andalan pada hari Jumat dan Sabtu. Sebut saja aneka kerang, udang, cumi-cumi, disajikan segar di atas hamparan es yang sudah disediakan. Seafood ini dapat Anda nikmati sesuai selera Anda masing-masing.

Untuk pilihan minuman Jamoo Café and Restaurant menyediakan berbagai macam jus segar yang dibuat dari buah-buahan pilihan. “Sementara buffet kami ini adalah yang terkomplit bila dibandingkan dengan hotel lain di Surabaya,” ungkap Nia.

Khusus hari Minggu, Jamoo menyediakan Kids Buffet yang ditujukan khusus untuk anak-anak dengan menu pilihan yang identik dengan selera anak-anak jaman sekarang. Sebut saja spaghetti, french fries, nudget, dan masih banyak lagi.

Yang paling unik, Jamoo Café and Restaurant terkadang menyediakan jamu tradisional Indonesia, seperti beras kencur.

Soal harga? “Tidak terlalu mahal untuk resto hotel berbintang,” jawab Nia. Sekedar gambaran, jika Anda bersama kolega ingin menikmati dinner pada akhir pekan, kocek yang mesti disiapkan hanya Rp.140 ribu-an per orang. Atau lunch, budget yang disiapkan sekitar Rp 130 ribu-an. Dengan harga itu, Anda bisa menikmati seluruh makanan yang tersedia di Jamoo Café and Restaurant.

Jadi Jamoo Café and Restaurant bisa Anda jadikan alternatif tempat makan yang sangat menarik, mengingat letaknya yang cukup strategis dan berada di pusat Surabaya.

Naskah : fransiska winoto | foto : wt atmojo

Jamoo Cafe and Restaurant
Address: Jalan Mayjend Sungkono 120, Surabaya (Shangri-La Hotel Surabaya)
Phone: (+6231 5661550). Ext: 6358
Buka: Pukul 06.00 -10.00 WIB, 11.30 – 14.30 WIB, 18.00 – 22.00 WIB