Mengangkat tema Bebatuan Hidup, CCCL Surabaya menggelar foto-foto terbaik karya Ferrante Ferranti, fotogarfer asal Aljazair. Rencananya, pameran ini terbafi dalam dua tahap. Tahap pertama pada 3 hingga 21 November 2009 yang juga di sertai diskusi pada tanggal 3 November 2009 lalu. Sedangkan pameran tahap kedua dilangsungkan pada 25 November – 5 Desember 2009 mendatang.

Ke 21 foto tersebut merupakan hasil hunting Ferrante Ferranti di Kroasia, Jordania, Brasil, Tunisia serta tempat tempat suci di Mesir dan tempat terbengkalai di dunia. “Tahun ini, adalah untuk merayakan ‘Bulan foto’ CCCL Surabaya bersama jaringan pusat kebudayaan perancis Jakarta, Jogjakarta, dan Denpasar mengundang saya untuk menularkan pengalaman saya dalam hal fotografi, dan bagi saya fotografi adalah filosofi hidup saya,” tutur lulusan Jurusan Arsitektur dengan studi tentang teater dan scenografi Era Baroque tahun 1985 itu kepada East java traveler.

“Saat ini Ferrante Ferranti tinggal di Paris,” ujar Pramenda Krishna atase pers CCCL. Tak haya pameran foto di sini kami juga akan mengadakan workshop fotografi selama 3 hari pada tanggal 2, 4 dan 5 November di Salle France – CCCL berupa perkenalan serta presentasi dari sang fotografer,” imbuhnya. Di hari kedua para peserta workshop akan melakukan hunting objek foto serta hari ketiganya merupakan pengumpulan foto hasil hunting.

“Aku akui dahsyat, dia bisa keliling dunia sambil motret dan kesempatan itu unik banget bagiku,” ujar Bella siswi SMU Petra 1 Surabaya ini.

naskah : bagus | foto : dhimas