Keberadaan candi marginal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat menjadi dasar tujuan komunitas pemburu batu yang lebih dikenal dengan sebutan Gerombolan Pemburu Batu (Bol Brutu) menggelar sebuah pameran bertajuk Pamer Pamor Bol Brutu yang diselenggarakan di Galeri Seni House of Sampoerna mulai tanggal 22 Juni hingga 22 Juli 2012 mendatang.

Sebanyak 50 foto dokumentasi candi, artefak dan situs bersejarah lain seperti makam yang tersebar di seluruh Indonesia dipamerkan dalam pameran tersebut. Salah satu dokumentasi yang paling menarik adalah foto evakuasi Candi Lumbung Sengi di daerah Dukun, Magelang ke dekat Balai Desa Tlatar, dan kini Candi tersebut masih dalam proses restorasi ulang.

Komunitas penggemar batuan bersejarah ini juga memamerkan potret penjaga bangunan bersejarah yang mereka beri sebutan The Alias. Alasan mengapa menampilkan potret itu karena mereka lah yang banyak membantu perjalanan Bol Brutu dalam menguak informasi dan menemukan berbagai situs bersejarah lainnya yang berkaitan.

Sejak didirikan pada maret 2012, komunitas Bol Brutu telah beranggotakan 200 orang dari beragam latar belakang profesi namun punya hobi yang sama, yaitu gemar menelusuri tempat-tempat bersejarah. Bagi ‘Brutuis’, begitu mereka disapa, blusukan atau kegiatan menelusuri situs seolah menjadi tantangan dan keasyikan tersendiri, seolah – olah mengunjungi suatu peradaban masa lalu yang tak pernah mereka alami, selanjutnya menggali informasi sejarah yang ada didalamnya.

“Jangan dikira jalan-jalan melihat candi itu nggak ada asyiknya, karena sesungguhnya kita belajar banyak hal mengenai bangsa kita,” ujar Antonio Carlos selaku koordinator pameran. Selain memamerkan jejak perjalanan ke situs bersejarah dalam bentuk foto, mereka juga mengadakan diskusi mengenai keberadaan candi – candi marginal di Indonesia. Dengan hadirnya pameran dan diskusi, harapan dari komunitas adalah semoga menjadi pengetahuan sekaligus kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai peninggalan bersejarah bangsa sendiri.

naskah : frannoto | foto : Dok HoS Gallery