Pesantern merupakan lembaga yang memang sudah teruji dan dirasakan perlu sebuah media dalam mempromosikan. Maka dari itu Dinas Pendidikan Jawa Timur bekerjasama dengan kementerian Pendidikan Republik Indonesia serta Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar sebuah pameran pesantren terbesar di Gramedia Expo dengan tema ”Pesantren Expo” yang di selenggarakan pada 7 hingga 11 Juli 2010 mendatang.

Pameran ini juga merupakan satu rangkaian dengan POSPENAS ke V yang berlangsung pada 5 hingga 11 juli mendatang dimana merupakan salah satu event Pekan Olahraga dab Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional.

Dalam hal ini pameran pesantren sendiri diharapkan mampu dijadikan wahana untuk tolak ukur prestasi yang juga saling mendukung di sektor wirausaha khususnya, ” kata Mohammad Ali Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Pameran ini juga media untuk mewadahi pemberdayaan ekonomi kerakyatan juga bisa melalui jaringan pesantren ini,” imbuhnya lagi.

Sementara itu tujuan diadakan pameran pesantren expo ini ialah untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada produk dalam negeri, serta menciptakan interaksi bisnis antara pengelola UKM pesantren dengan para investor dan buyer dengan harapan akan terciptanya kerjasama yang saling menguntungkan, ” imbuh Thomas Edi koordinator Pesantren Expo.

Di ikuti sekitar 60 stand yang memamerkan produknya serta memberikan layanan langsung namun, beberapa produk UKM di Indonesia juga mendominasi, seperti halnya literatur islam, produk makanan halal dan toyobah, cinderamata dari asal kota di Indonesia juga hadir di sini, artefak peninggalan waliullah, Travel perjalan Haji turut serta di pameran berskala Naional tersebut.

naskah dan foto : dhimas p