Sejak tanggal 12 Agustus 2009 sampai 2 September 2009, Hotel Novotel Surabaya, memiliki sesutu yang menarik di sepanjang lobinya. Sekitar 25 lukisan karya S. Wanto dengan tema-tema keseharian masyarakat, seperti panen raya, ibu dan anak, kegiatan pasar, dan lautan dipamerkan di sana.

“Rencana awal hanya sampai tanggal dua september,” ujar Ari Samba, panitia pameran lukisan ini, “namun,” lanjutnya, “Berhubung kami sedang mempersiapkan grand opening untuk Art Gallery kami, jadi sekalian kami perpanjang waktu pameran di Novotel.” Sebelum membangun gedung sendiri, Art Gallery Merah Putih ini hanya merupakan studio lukis kecil di Jalan Sukomanunggal nomor 60, Surabaya.

Pameran tunggal yang diselenggarakan oleh Art Gallery Merah Putih ini sekaligus menjadi ajang perkenalan dari para pelukis yang bermarkas di Art Gallery Merah Putih kepada para pengunjung dan penikmat lukisan. “Selain dipamerkan, lukisan-lukisan ini juga dijual. Jadi, kalau mau membeli tinggal pilih saja, harganya juga sudah tercantum di bawah tiap judul lukisan,” Ujar pria yang berusia 38 tahun ini. Art Gallery Merah Putih yang sedang dibangun di Citra Raya Citraland ini, rencananya akan menggelar pembukaan mereka pada tanggal 9 September 2009.

S. Wanto, pelukis kelahiran Banyuwangi ini adalah salah satu pelukis dari Art Gallery Merah Putih, sebuah wadah bagi para pelukis yang sudah berdiri sejak tahun 2003. “Rencana kami sih, mengadakan pameran tunggal tiap bulannya dan kalau bisa sampai ke luar Surabaya,” ujar ayah dari tiga anak ini menutup pembicaraan.

naskah : eva tarida | foto : dhimas prasadja