Tak berhenti menjadi wadah bagi para seniman Surabaya, Artotel bekerjasama dengan Serikat Mural Indonesia (SMS) mempersembahkan pameran ‘Paperbag Custom’, selama satu bulan (13/11 sampai 12/12) di Rotation Art Space yang berada di Lobby Artotel Surabaya.

Secara keseluruhan, pameran dikemas dengan format Seni Urban (urban art) dengan menggunakan tas belanja kertas (paper bag) sebagai medianya.

Serikat Mural Indonesia atau SMS, adalah sebuah komunitas kreatif anak muda Surabaya, yang bergerak di dunia Street Art (seperti mural dan graffiti) dan Urban Art. Mereka terbentuk tahun 2011 silam atas gagasan X-go sebagai wadah bersama, untuk membangun kesenian urban khususnya Surabaya dan sekitarnya. Anggota SMS sendiri adalah alumni DKV Artis dari berbagai universitas di Indonesia, dan beberapa komunitas di Surabaya.

Paper bag dipilih karena dipandang cocok untuk karya visual yang menarik. Selain itu, aktivita ini dimungkinkan sebagai bentuk kampanye kepada masyarakat, agar menggunakan tas kertas dan mulai mengurangi penggunaan tas plastik yang sulit terurai, dan tidak ramah lingkungan.

P1050112Pameran yang dibuka bersamaan dengan workshop ‘Doodling on Paperbag’, yaitu menggambar diatas tas kertas (paper bag) ini, juga dimeriahkan oleh aktivitas kreasi seperti Drawing on Vespa, Merchandise corner, Fun Bombing pada giant paper bag, akustik, dan food truck bazaar.

Setiap karya yang dipajang memutari dinding Artotel, dibandrol dengan harga kisaran Rp 50 ribu, sampai Rp 300 rb saja. Dengan misi mulia, hasil penjualan karya pameran yang terkumpul nantinya, akan didonasikan kepada daerah yang mengalami permasalahan lingkungan (seperti darurat asap Riau dan darurat lingkungan Rembang), melalui Yayasan Lingkungan Internasionsal.

naskah dan foto : pipit maulidiya