Bulan Ramadhan telah tiba. Mulai 14 Agustus hingga 27 September 2009 Suncity Plasa mengadakan pameran pedang Nabi Muhammad SAW. Pameran tersebut digelar di convention hall lantai 1 kompleks mall Suncity di Jalan Pahlawan, Sidoarjo.

Pedang yang dipamerkan berjumlah enam buah. Diantaranya meliputi pedang Al Ma’thur, Al Battar, Al Qadib, Dhu Al Faqar, Al RAsub, dan Al Qal’i. Selain pedang, turut dipamerkan pula siwak, tongkat, sandal, dan busur nabi Muhammad. Berbagai informasi seputar masuknya Islam ke Eropa beserta tokoh yang berperan ditempel sekitar di dinding tempat pameran.

“Kami ingin mengenalkan sejarah masuknya Islam ke Eropa kepada masyarakat,” tutur Ovie, Public Relation Suncity Plasa. Oleh karena itu pengunjung diajak menyaksikan film pendek tentang sejarah tersebut sebelum masuk areal pameran. Pengunjung yang berminat dengan cerita sejarah tersebut dapat membeli buku yang dijual seharga 20 ribu rupiah. Pengunjung juga bisa mengabadikan momen kunjungan ke pameran dengan berfoto di areal foto yang telah disediakan.

Selama ini barang-barang milik nabi Muhammad disimpan di Topkapi Palace, Turki. “Lewat pameran ini masyarakat bisa tahu nabi Muhammad punya sembilan pedang. Sayang kami hanya bisa mendatangkan 6 pedang saja terkait ijin dari kedutaan besar Turki,” ujar Ovie. Pameran dapat terselenggara berkat kerja sama antara pihak pengelola Suncity Plasa dengan kedutaan besar Turki dan Piramid Communication. Pengunjung dapat menikmati pameran dengan harga tiket 10 ribu rupiah saja setiap hari mulai pukul 10.00-21.00

naskah dan foto : arum