Sebanyak 100 lukisan dan seni kaligrafi Cina menghiasi galeri AJBS Jalan Ratna No. 18. Pameran seni lukis berlangsung pada 15 hingga 18 Januari 2010. Seni lukis dan kaligrafi china ini merupakan hasil buah karya Mr. Tian Lin Yuan yang mengusung tema seni chinese painting dengan bahan bahan lokal dari Cina.

Dalam pameran ini juga di hadiri Wakil Gubenur Jawa Timur serta Konjen China, Amerika, Perancis dan beberapa delegasi dari negara tetangga lainnya.

Dalam pameran ini Syaiffullah Yusuf mengatakan Jawa Timur khususnya Surabaya bisa meniru China terutama dalam hal memamerkan karya seni lokalnya ini.

”Dengan adanya pameran hasil karya seni cina ini saya rasa, Surabaya juga perlu untuk membikin pameran di Cina baik itu hasil karya lokal maupun berupa lukisan di Surabaya khususnya Jawa Timur,” tegasnya.

Selain itu pameran ini juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan pertukaran seni budaya antara kedua bangsa, utamanya rakyat Indonesia dan Tiongkok, khususnya di bidang seni lukis,” Kata Ika Humas Galeri AJBS.

”Adanya pameran ini merupakan suatu upaya dalam rangka meningkatkan hubungan pertukaran seni budaya antara kedua bangsa, utamanya rakyat Indonesia khususnya dalam hal di bidang seni lukis dan masyarakat yang berada di Surabaya,” kata Ika Humas Galeri AJBS

Lukisan lukisan ini juga didasari oleh motto sang pelukis Tian Lin Yuan yaitu ”Harta dan kemulian yang paling berharga dalam kehidupan adalah persahabatan”. Rangkaian pameran ini beragam nanti pada tanggal 18 januari juga akan digelar workshop pengajaran teknik chinese painting kepada pengunjung yang berminat,” imbuhnya.

naskah dan foto : dhimas prasaja