P1030326

Anak-anak kecil itu berlari riang masuk ke kompleks pedagang buah dan sayur. Tanpa basa-basi, mereka asyik melihat suasana pasar, berbisik dengan temannya, lalu tertawa lepas. Di antara mereka ada yang sibuk mengamati buah dan sayur, ada juga yang bingung tak tahu harus berbuat apa.

Maklum, di Pasar Induk Modern Agrobis Puspa Agro, berbagai pilihan buah dan sayur segar tersedia. Juga kerajinan khas daerah, hingga aneka kue tradisional. Produk-produk ini dipajang dengan cara menarik, sehingga menggugah selera pengunjung untuk merogoh kocek dan mulai berbelanja.

Meski jumlah pengunjung tak seramai di awal pembukaannya, bagi sebagian orang, pasar ini masih jadi pilihan belanja. Dibangun di kawasan strategis di Jl Sawunggaling, Jemundo, Taman, Sidoarjo, pasar induk ini relatif mudah dijangkau.

Berbagai fasilitas di pasar induk ini juga lengkap. Seperti kawasan pergudangan, lahan parkir yang luas, tempat ibadah, dan masih banyak lagi.

“Dibanding dulu, pasar ini sudah sepi,” aku Sri Esti, pengunjung asal Surabaya. Padahal, katanya, belanja di tempat ini cukup menyenangkan. Selain bersih dan luas, suasananya relatif aman dan nyaman.

Kalau boleh berharap, lanjutnya, pemerintah setempat bisa kembali mengembangkan aset wisata belanja ini. “Karena seingat saya, desain awal pasar induk ini cukup menjanjikan. Pasar induk ini berpeluang jadi ikon wisata dan belanja Jawa Timur,” harapnya.


naskah dan foto : hendro d. laksono