Memperingati HUT RI ke-64 tahun, sebuah event special digelar di halaman Valet Parking Sogo Surabaya. Event bertajuk Pasar Malem Tjap Toenjoengan ini digelar mulai 10 – 17 Agustus 2009.

Mulai dari kegiatan pameran, hiburan, dan festival makanan khas Jawa Timur tersaji di sana mulai pukul 15.00 hingga 22.00 setiap harinya. Dalam kegiatan tersebut, pihak penyelenggara berusaha menghadirkan suasana kampung Surabaya Tempo Doeloe. Mulai dari panggung dengan latar belakang yang bentuknya menyerupai rumah kuno, pemilihan tempat outdoor hingga penataan dekorasi tempat duduk, stan penjual makanan dan pameran semuanya ditata dengan apik. Suasana kampung yang ramai di malam hari dengan orang-orang yang seliweran, dan lengkap dengan lampu-lampu temaram pun dapat dijumpai disana.

Di areal pameran hadir komunitas sepeda kuno, mobil dan motor kuno, serta tak ketinggalan perangko dan uang Indonesia kuno. Masih ada lagi, bagi pengunjung yang ingin mengetahui wajah Surabaya tempo dulu dapat menengok koleksi foto-foto stand Surabaya Memory milik Universitas Kristen Petra Surabaya.

Juga ditampilkan hiburan kesenian dan pemutaran film tahun 60-an. Sanggar Putra Bima Respatih menampilkan tari-tarian seperti tari remo, tari kembang jepun, tari kerja bakti, dan masih banyak lainnya. Sedangkan grup lawak Cap Tugu Pahlawan dan Kartolo Cs menyuguhkan lawakan khas Surabaya guna menghibur para pengunjung. Bintang tamu kelompok vokal Tangga dan demo masak chef dari Sekolah Hotel Surabaya juga turut meramaikan panggung hiburan di Pasar Malem Tjap Toenjoengan.

“Kami sebenarnya gambling mengadakan acara ini dengan kurun waktu seminggu saja,” ujar Mario Syarif, Event Coordinator, saat ditemui di Pasar Malem Tjap Toenjoengan. Lebih lanjut ia mengatakan, “Baru kali pertama kegiatan seperti ini kami selenggarakan.” Menurutnya, ia perlu melihat terlebih dahulu respon masyarakat yang datang sebagai evaluasi kegiatan ketika ditanya kelanjutan kegiatan tersebut.

naskah dan foto:arum