Geliat pasar Senggol yang masuk dalam rangkaian Roadshow festival pasar Surabaya 2011 menyedot perhatian pengunjung pasar Wonokromo pada sabtu siang, (18/06). Terlihat kerumunan pengunjung pasar menyaksikan acara yang digelar oleh Pemerintah Kota Surabaya bekerjasama dengan PD Pasar Surya dan beberapa instansi lainnya.

Aneka jajan pasar, Dawet, bakso dan makanan khas yang ada di pasar tradisional juga disuguhkan gratis bagi para pengunjung pasar Wonokromo saat itu. Acara pasar senggol tersebut merupakan Roadshow yang kedua setelah perhelatan festival pasar Surabaya digelar satu bulan lalu.

Direktur utama PD pasar Surya yang datang menemani Walikota Suarabaya ditempat menuturkan, jika dengan diadakannya festival pasar Surabaya yang menargetkan kembalinya minat pembeli untuk berbelanja di pasar tradisional tersebut membuat suasana pasar tradisional di Surabaya menjadi bersih, rapi dan segar.

Disela acara, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini juga mengungkapkan keinginannya untuk membuat pasar tradisional Surabaya kembali ramai bergeliat. “Pembeli adalah raja dan berhak memilih, jika suasana pasar tempat mereka berbelanja tidak nyaman, maka pembeli akan memilih untuk berbelanja ditempat lain, seperti pasar modern,” tuturnya kepada para perkumpulan pedagang pasar Wonokromo.

lebih lanjut dia menjelaskan, jika harapannya pengelola pasar dan pedagang itu saling bekerjasama mewujudkan 3 moto dari festival pasar Surabaya, yakni kebersihan, kerapian dan kesegaran.

naskah dan foto : frannoto