Warga Kota Surabaya disuguhi tontonan menarik di pelataran Balai Pemuda. Sebanyak 3500 lebih lukisan dipajang di Pasar Seni Lukis 2011 yang berlangsung mulai tanggal 6 hingga 16 Mei mendatang.

Dalam pembukaan acara, Jum’at (6/05) sore kemarin, tercatat 360 pelukis dari seluruh Indonesia meramaikan Pasar Seni Lukis yang kini sudah memasuki tahun ke 4 itu. Para pelukis tersebut diberi kesempatan untuk memamerkan 15 hingga 25 karya lukisnya.

Muhammad Abdullah, Sekretaris panitia mengatakan, di pasar seni lukis ini merupakan jambore seni lukis Indonesia. “Ini pertemuan pelukis, kolektor, gallery dan masyarakat pecinta seni terbesar di Indonesia,” kata Abdullah di sela acara pembukaan.

Selain memamerkan berbagai jenis seni lukis, bazar kali ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan Teater Populer yang akan menampilkan dua lakon karya penulis Rusia, Anton Chekhov yaitu “Pinangan” dan “Penagih Utang”. Dua lakon ini masing-masing akan dipentaskan pada tanggal 7 dan 8 Mei  di ruang Merah Putih kompleks Balai Pemuda.

Ditempat sama, Komang Jaya Uphadana, pelukis asal bali yang kini berdomisili di Surabaya mengatakan, bazar semacam ini juga sebagai ajang berkumpul dan berkomunikasi bagi para pelukis senior maupun para pelukis pemula. Komang yang tak pernah absen mengikuti pasar seni lukis sejak tahun pertama itu juga mengajak anaknya, Yumna Uphadana yang masih berumur 9 tahun untuk memamerkan karya lukisnya.

“Anak saya sudah gemar melukis sejak umur 2 tahun, dan seiring berjalannya waktu, dia sudah banyak ikut pameran berskala nasional maupun internasional,” ujarnya kepada eastjavatraveler.com di stand miliknya.

Disana, para pengunjung dapat berburu lukisan ataupun ingin dilukis. Joenathan, pengunjung pameran, mengatakan, berburu lukisan di even besar seperti ini jadi mudah, karena banyak pilihan pelukis yang dapat kita order untuk melukis sesuai keinginan.
naskah/foto: frannoto