Ketika Pasar Seni Lukis Indonesia digelar pada tahun 2008 lalu, repon yang muncul ternyata cukup signifikan. Pertemuan antara seniman dan buyer yang diharap muncul berkembang cukup positif. Ini yang jadi alasan, tahun ini, Pasar Seni Lukis Indonesia kembali digelar. Event yang mewarnai HUT ke 716 Kota Surabaya ini digelar 1 Mei hingga 11 Mei 2009 mendatang.

Mengutip official website Pasar Seni Lukis Indonesia, menjelang pelaksanaan acara, sambutan masyarakat ternyata luar biasa. Misal, dari jumlah stand yang semula direncanakan hanya 131 stand, kini ditambah 30 sehingga total menjadi 161 stand.

Teddy Sulangi, dari Sanggar Merah Putih sebagai penyelenggara PSLI mengatakan, ada dua alasan mengapa jumlah stand ditambah. ”Pertama, masih banyaknya pelukis dari berbagai daerah yang berminat mengikuti PSLI, dan kedua karena rencana pembongkaran bekas gedung bioskop Mitra yang berada di komplek Balai Pemuda Surabaya ternyata ditunda,” kata Teddy.

“Tadinya kami perkirakan, memasuki tahun 2009 Pemerintah Kota Surabaya akan membongkar bekas gedung bioskop itu untuk pembangunan gedung kesenian yang memang sudah direncakan sejak lama oleh Pemkot Surabaya. Karena kami perkirakan akan dibongkar, maka kami merancang hanya memakai sebagian areal parkir, sementara sebagian lainnya untuk kegiatan pembangunan. Tetapi karena pembongkaran gedung bioskop Mitra ditunda, maka kami sekarang berani memanfaatkan seluruh pelataran barat Balai Pemuda,” jelas Teddy hari Selasa (17/3). “Dengan jumlah stand 161, tanggung jawab makin berat, tetapi inilah tantangan kami,” tambahnya. (***/pasarsenilukis.com)