Menyemarakkan Hari jadi Kota Surabaya ke 718, Pemerintah Kota menggelar pawai budaya dan pawai bunga, Minggu, (8/05) siang. Sebanyak 65 peserta dari berbagai elemen masyarakat Surabaya turut meriahkan pawai yang menyita perhatian warga Kota tersebut.

Berangkat dari Tugu Pahlawan hingga berkahir di Taman Surya, pawai mobil dihiasi bunga dan bermacam budaya dari Jawa Timur itu memberi warna baru menyambut HUT Kota Surabaya. Selanjutnya, pawai melewati jalan Kramat Gantung, Gemblongan, Tunjungan, Gubernur Suryo dan berakhir di Balai Kota.

Barisan terdepan pawai yang diawali dengan marching band milik TNI AL selanjutnya disusul dengan mobil jeep yang membawa Cak dan Ning Surabaya dan dikawal oleh satuan polisi bersepatu roda membuka pawai.

Berbagai elemen masyarakat seperti, pengelola Taman Bungkul, Konsulat Jendral dari luar negeri dan mahasiswa berlomba menghias kendaraan dengan beraneka ragam bentuk kreasi dengan bunga. Tak hanya itu, pawai budaya dari Kabupaten Jember, Sampit dan Kediri juga ikut tampil. Tak kalah menarik, siswa-siswi SMKN 6 dan 8 Surabaya juga memamerkan karya busana buatannya, mereka melenggak – lenggok diatas mobil hias.

Yayuk, selaku panitia pelaksana menjelaskan, kalau acara tersebut memang sengaja melibatkan berbagai macam elemen masyarakat di Surabaya. “semua elemen terlibat di acara ini, hal itu untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Surabaya,” ujarnya.

naskah/foto : frannoto