Kepedulian terhadap bumi berupa mematikan lampu sejenak telah dicanangkan oleh jutaan manusia di berbagai belahan dunia. event yang disebut Earth Hour itu kini telah menjadi sebuah agenda rutin tiap tahunnya.

Tahun ini, Sheraton Surabaya Hotel & Towers menggelar acara Earth Our dengan mematikan lampu selama satu jam, dilakukan tepat pada pukul 20.30 WIB, pada 26 Maret malam. Tidak hanya itu, suguhan tari modern Indonesia kontemporer dan lagu etnik Indonesia akan menghibur para tamu hotel di lobby ketika lampu padam. “Tari itu mencerminkan berlangsungnya aktivitas meskipun dalam keadaan lampu mati,” ujar Etty Soraya, Public Relation Sheraton HOtel.

Etty menambahkan, Sheraton Hotel akan mematikan lampu, dan menggantinya dengan lilin yang akan menerangi setiap sudut ruangan hotel. Pemadaman lampu itu bermaksud agar kita peduli dan sadar akan kesehatan bumi, salah satunya dengan menghemat energi.

Sebelumnya, Earth Hour diperingati oleh gedung-gedung serta perkantoran dari Asia Pasific sampai Eropa dan Afrika sampai Amerika mematikan lampu. Pada tahun 2010, tercatat 128 negara tergabung dalam aksi global tersebut.

naskah/foto : frannoto