Perhelatan akbar Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Expo kembali digelar. Acara tahunan ini merupakan multi-event yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (KM ITS) Surabaya.

Acara kali ini rencananya akan digelar selama empat hari, mulai tanggal 21-24 Oktober 2015, dengan menampilkan berbagai macam stan teknologi yang dirancang kreatif oleh mahasiswa ITS di Graha Sepuluh Nopember Surabaya. Selain itu, terdapat beberapa event, wahana, dan kompetisi skala nasional yang melibatkan siswa SMA, mahasiswa, dan masyarakat luas.

‘Ilusi Kesadaran Semu’, menjadi tema yang diusung mahasiswa ITS dalam gelaran acara yang sudah berjalan selama empat tahun ini. Dengan sebuah pesan ingin menumbuhkan semangat optimisme masyarakat Indonesia untuk lebih maju.

Pada tahun ini, acara dibuka dengan penampilan Barongan dan iringan musik Bali. Pengunjung pun dimanjakan puluhan stand yang disediakan, seperti booth makanan, pakaian, dan akeseosis lainnya.

Andre Themas Miko, Ketua Panitia ITS Expo 2015 menegaskan, ITS Expo 2015 memiliki keunikan tersendiri dengan tema dan konsep yang diangkat. Tema tersebut memiliki dua tujuan utama, yaitu sebagai sarana untuk menyadarkan masyarakat tentang hal-hal kecil yang menjadi kebiasaan buruk, serta memberikan stimulus optimisme kepada masyarakat untuk tetap berani melangkah menuju Indonesia yang lebih baik.

“Dengan adanya teknologi, bukan berarti manusia melupakan kodratnya sebagai makhluk sosial. Teknologi ada bukan untuk dijadikan alasan manusia untuk tidak berinteraksi dengan sesama. Hal tersebut adalah hal kecil yang telah menjadi kebiasaan buruk dan harus segera disadarkan. Oleh karena itu, semoga ITS Expo 2015 bukan hanya menjadi sarana edukasi dan hiburan, namun juga bisa menyadarkan masyarakat untuk meninggalkan hal-hal buruk yang telah menjadi kebiasaan,” ujar Andre.

ITS Expo 2015 menjadi acara pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memadukan unsur seni, ilmu, dan budaya dalam paduan acara. Unsur seni sebagai wadah untuk menyalurkan ekspresi dengan membuat karya seni, unsur ilmu sebagai penyalur hasil karya-karya mahasiswa dan pemuda dalam bentuk penelitian maupun produk hasil buah pemikiran, dan unsur budaya sebagai apresiasi terhadap karya-karya dan budaya yang lebih dahulu ada.

Pada hari ini, 22 Oktober 2015, hari kedua perhelatan ITS Expo 2015 akan menyuguhkan penampilan musisi tradisional yang telah berkarya di kancah internasional, Kunokini. Selang dua hari, 24 Oktober 2015, talkshow bertemakan “Innovation and Courage in Entertainment World” yang dihadiri oleh Barry Likumahuwa (komposer dan music director), Alanda Kariza (penulis, aktivis muda, dan penggagas Indonesian Youth Conference), serta Isha Hening (VJ dan Motion Graphic Artist) yang akan melengkapi gelaran tahunan KM ITS pada tahun ini, sebelum ditutup dengan penampilan duo indie folk pop Indonesia, Stars and Rabbits dan penyanyi solo ternama, Sammy Simorangkir.

naskah : pipit maulidiya | foto : rangga yudhistira
foto selengkapnya klik indonesiaimages.net