Babak penyisihan festival makanan khas Jatim kembali digelar. Rabu, (20/05) diikuti peserta dari Bakorwil I Madiun dan Bakorwil III Malang di Hotel Kusuma Agro Wisata Batu.

Sebanyak 23 peserta ikut serta dengan menampilkan sajian menu-menu menarik, dengan citarasa yang berbeda. Seperti menu sawut kabut Bromo, panggang ikan japit, dan masih banyak lainnya.

Pada kesempatan itu, enam peserta dinyatakan lolos ke babak final yang akan berlangsung Juni nanti di Bukit Darmo Golf Surabaya. Di babak final nanti mereka akan bersaing dengan keempat peserta lain, telah dinyatakan lolos pada babak penyisihan yang berlangsung di Sun Hotel Sidoarjo beberapa waktu lalu.

Dalam sambutan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Drs. Djoni Irianto, MMT yang dibacakan oleh Drs. Rudi Prianto Oetomo, MM selaku Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Jatim pada kesempatan ini menjelaskan potensi produk makanan Jatim sangat perlu untuk kita publikasikan. Karena dia berharap Jatim dapat menjadi lebih terkenal lewat kuliner yang ada.

“Sehingga dengan momen ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke sini, dengan maksud wisata kuliner di Jatim,” harapnya.

Terbukti animo jumlah peserta pada babak penyisihan di tahun ini begitu melonjak. Pada tahun 2008 jumlah peserta sebanyak 21 peserta dari 19 kota dan kabupaten. Dan, pada tahun 2009 kali ini berjumlah sebanyak 23 peserta dari 22 kota ataupun kabupaten.

naskah dan foto : wt atmojo