Jawa Timur dapat dibilang sebagai salah satu propinsi yang kaya akan pesona wisata serta budaya. Seperti yang terlihat dari berbagai kekayaan yang ada di Jatim yang dipamerkan dalam acara Majapahit Travel Fair 2014 pada 8 – 11 Mei 2014 di Grand City Convex, Surabaya.

Perhelatan akbar di bidang pariwisata ini bertujuan memperkenalkan Jawa Timur kepada semua pihak. Hal tersebut diwujudkan dengan diselenggarakannya rangkaian acara yang mengiringi perhelatan Majapahit Travel Fair. Travel Exchange membuka rangkaian acara yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur ini.

Acara yang diadakan di Hotel Bumi Surabaya ini mempertemukan pihak seller dan buyer. Yang bertindak sebagai seller di sini adalah pihak dinas pemerintah kota Jawa Timur yang menjual kota masing-masing sebagai komoditi pariwisata. Sedangkan yang menjadi pembeli adalah pihak penyedia jasa perjalanan. Pihak penyedia jasa perjalanan ini bukan merupakan penyedia jasa perjalanan biasa, tapi pihak penyedia jasa perjalanan di luar negeri yang sering menyediakan jasa perjalanan ke Jawa Timur.

Mereka diundang dalam acara ini dan diperkenalkan dengan komoditas wisata dari berbagai kota di Jawa Timur. Beberapa negara yang ikut sebagai buyer antara lain Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Hongkong, Korea Selatan, Singapura, Filippina, China, Kamboja, Jepang, Jerman, Rusia, dan Vietnam. “Jadi di acara ini, para pemerintah kota seperti pedagang yang menjual kotanya kepada dunia internasional untuk dijadikan obyek wisata.” Kata Ariantanto Eko Harnoko, Project Manajer dari pihak penyelenggara. Selain itu, dia juga menyatakan bahwa target MTF tahun ini, yaitu total transaksi 40 miliar dapat tercapai.

Malam harinya, diadakan acara pembukaan berupa jamuan makan malam di Convention Hall Grand City Surabaya. Acara ini melibatkan sekitar 40 rumah makan dan hotel di Jawa Timur. Acara jamuan makan ini sekaligus menjadi tempat promosi kuliner bagi pihak seller kepada buyer yang telah mengikuti pertemuan pada rangkaian acara sebelumnya. Acara pembukaan ini juga dimeriahkan dengan suguhan penampilan tarian tradisional Jawa Timur serta beberapa penampilan ala Jawa Timur yang lain seperti ludruk.

Untuk melengkapi rangkaian acara pameran Pariwisata terbesar di Indonesia ini, pameran Majapahit Travel Fair 2014 hadir untuk masyarakat Jawa Timur di Grand City Convex. Acara pameran ini diisi oleh 163 stan dari berbagai pihak yang bergerak di bidang pariwisata seperti akademi pariwisata, pengrajin produk tradisional, penyedia jasa perjalanan, media, dan lain sebagainya. Selain stan pameran, pengunjung pameran MTF juga disuguhi berbagai macam hiburan yang ditampilkan di panggung utama. Pada hari Minggu, 11 Mei 2014, diadakan pula lomba cheerleader serta lomba tari tradisional sebagai suguhan utama untuk pengunjung. Malam harinya, acara MTF ditutup dengan pengumuman pemenang lomba yang diadakan selama pagelaran MTF 2014.

naskah|foto : tommy surya