PT Intiland Development Tbk menggelar pameran foto “Potrait of Life” hasil karya Jean Demmeni, seorang tentara Belanda yang hidup pada tahun 1866-1939 di Nusantara Indonesia. Pameran untuk mengetahui dinamika dan sejarah Indonesia di era kolonial ini digelar di Spazio Hall Surabaya mulai 3 sampai 12 Oktober 2014.

Ada sebanyak 150 foto dipamerkan dengan tema Mooi Indie : Discover The Beauty of Hindia. Penyelenggaraan pameran ini sebagai wujud apresiasi tentang seni, budaya, dan sejarah dari Sabang sampai Merauke melalui foto-foto yang ada.

Pameran foto dibuka Cosmas Batubara, Komisaris PT Intiland Development Tbk. “Dukungan ini selaras dengan komitmen kami untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Sebagai kota Pahlawan, Surabaya menjadi tempat yang ideal bagi kita untuk mengingat kembali kebesaran bangsa Indonesia lewat bingkai foto,” ujarnya.

Selama 10 hari masyarakat mendapat kesempatan secara gratis untuk melihat foto-foto keindahan Indonesia. Melalui lensa kamera seorang Jean Demmeni masyarakat akan diajak untuk menghidupkan kembali hal-hal yang terabaikan oleh bangsa ini. Pameran ini juga menghadirkan Mona Lohanda sebagai sejarahwan “Potrait of Life”. Dia akan menceritakan hasil karya-karya Jean Demmeni yang begitu mendambakan tanah kelahirannya, Indonesia.

Terdapat hal unik dalam pameran yang dibuka mulai pukul 10.00-22.00. Foto-foto yang disusun secara tertata namun tidak urut sesuai nomor. Selain itu ruang pamerannya dibuat seperti labirin. Jadi masyarakat akan diajak untuk mengelilingi dan melihat satu per satu foto yang berwarna coklat dan kuning ini.

naskah | foto: herwin widodo