Bagi sebagian orang, kopi seolah jadi kebutuhan hidup yang sulit untuk dilepaskan. Seiring waktu, minuman yang biasa disajikan selagi panas ini mengenal banyak bentuk dan rasa. Dan logika ini juga yang ditawarkan Ladang Coffee.

Coba Anda rasakan, mengisi waktu luang dengan ditemani aneka minuman kopi di Ladang Coffee. Café ini menawarkan berbagai macam sajian minuman kopi. Selain itu café yang berada di Jalan Biliton ini juga menawarkan lanskap bangunan yang asik dan unik. Yakni bangunan rumah bergaya kuno dengan perpaduan beberapa sudut sedikit modern.

Desainnya yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa jam dinding kuno serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisonal modern.
Dengan mottonya Taste The Purity Of Coffee, Ladang Coffee bermaksud memanjakan tamunya untuk menikmati hidangan kopi nikmat dan juga kental rasa kealamiannya. Hal ini lantaran, kopi yang digunakan adalah kopi murni dari berbagai jenis kopi andalan yang ada di Indonesia. Namun, untuk supplainya pihak Ladang Coffee mempercayakan kepada PT Andrico Jaya Perkasa, sebuah produsen kopi yang berasal dari Kota Malang.

Cafe ini menyediakan berbagai jenis kopi pilihan, seperti Kopi Robusta yang halus dan manis. Sedangkan untuk kopi yang memiliki rasa yang cukup awet ada Kopi Lintong, yang memiliki aroma kuat serta tekstur kopi yang kental dan diperkaya dengan rasa manis, plus aroma buah kopi serta rempah yang sedikit kuat. Ada pula Kopi Gayo yang memiliki tekstur coklat yang lembut. Dan yang unik lagi ada Lake Toba Blue, di mana kopi ini memiliki warna sedikit kebiru-biruan. Serta masih banyak lagi aneka jenis kopi menarik lainnya yang tak kalah nikmat.

Terkait dengan penamaan Ladang Coffee untuk café ini yang mulai buka 22 Januari 2010 menurut penjelasan Supervisor Ladang Coffee Muhammad Taufik. Dirinya menjelaskan penamaannya berdasar dari dua paduan bahasa, di mana ladang yang dalam arti sesungguhnya itu artinya lahan, dan Coffee berarti kopi itu sendiri.

Meskipun baru berdiri beberapa hari pengunjung dari segala macam usia dapat terlihat senang ke tempat ini, sekedar untuk menikmati suguhan kopi yang ada di Ladang Coffee. Bagi sebagian orang, kopi memang seolah jadi kebutuhan hidup yang sulit untuk dilepaskan. Seiring waktu, minuman yang biasa disajikan selagi panas ini mengenal banyak bentuk dan rasa.

“Untuk segmentasi kami tidak membatasi umur, semuanya bisa menikmati,” ujar Taufik pada EastJava Traveler.

Tak hanya menu kopi saja yang ditawarkan, gerai kopi yang satu ini juga menyajikan beberapa macam minuman dingin. Seperti yang banyak di gemari oleh beberapa pengunjung. Salah satunya adalah Oreo Coffe yang memiliki komposisi susu dengan kopi yang ditambah simple sirup (gula cair). Minuman ini dapat dinikmati dengan harga Rp 26. 500. Ada juga Ice blanded di mana terdapat campuran antara caramel late dan Mochachino yang bisa dinikmati dengan harga Rp 17 ribu.

Menariknya lagi di Ladang Coffee ini juga menyediakan kopi yang di mix dengan beberapa macam buah.

“Komposisi kopinya lebih sedikit sekitar 40 persen, sedangkan untuk buahnya lebih banyak rata-rata 60 persen, awalnya kami hanya berimajinasi untuk membuatnya, dan ternyata respon pengujungpun meningkat,” lanjutnya.

Aneka Minuman healty juice juga disajikan di sini. Yang membedakan dengan minuman sehat lainnya di tempat ini memakai gula diet. Contohnya seperti Orange beauty (Sunkist dan wortel) seharga Rp 12.500, Aplle mint (kopi dingin ditambah santan kelapa), aneka minuman Pink Blossom masing masing bisa diperoleh mulai Rp 12.500 hingga Rp 25 ribu.

Sayangnya di kafe yang baru memiliki empat orang karyawan ini untuk saat ini belum ada camilan. Tetapi jangan khawatir, pengunjung juga bisa membawakan oleh-oleh kopi dalam toples yang memang dijual hanya dengan harga Rp 360 ribu. Serta ada juga kopi bubuk dengan takaran 250 gram seharga Rp 30 ribu dengan berbagai macam rasa.

Untuk fasilitas penunjang yang kita rasakan saat singgah di sana, Ladang Coffee yang dapat menampung sekitar 10 orang ini menyediakan free Wifi dan saluran televisi dengan channel indovision. Waktu buka kafe ini untuk Senin sampai dengan Kamis buka mulai pukul 09.00 hingga 22.00 Wib. Sedangkan pada Jumat sampai Minggu di buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 23.00 Wib.

“Kami memilih buka sampai untuk akhir pekan, karena setelah beberapa hari ini banyak anak muda yang menikmati pada saat malam hari,” paparnya.

Begitupun untuk saat weekend, pihak Ladang Coffee berusaha untuk memanjakan pengunjung yang datang berpasangan dengan menambah dua buah meja, masing-masing meja dapat menampung dua orang untuk saling berhadapan berada di teras.

naskah dan foto : dhimas prasaja