Anda pecinta hewan tentu sudah tidak asing lagi dengan pasar satu ini yang letaknya berdekatan dengan Tugu Malang. Pasar Burung Splendid namanya. Sejak berdiri tahun 1995, pasar ini seolah menjadi surganya pecinta hewan.

Mereka yang datang tidak hanya dari dalam Kota Malang saja, bahkan ada yang sengaja datang jauh dari kota ini untuk berburu hewan di sana. Atau sekedar jalan-jalan menikmati keunikan di Splendid. Tak salah memang, karena para pedagang di pasar ini tidak hanya ada yang menjual burung kicau saja, ada juga yang menjual burung-burung langka atau hewan-hewan unik lain yang menjadi daya tarik tersendiri.

ejtcom-splendid3ejtcom-splendid2Di Splendid juga tidak hanya menyediakan hewan-hewan yang bida dipelihara tetapi juga berbagai kebutuhan untuk memelihara hewan seperti kandang, sangkar, pakan, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan untuk hewan-hewan dan perlengkapannya tersebut bervariasi dan bisa ditawar.

Untuk mencapai Pasar Burung Splendid bisa melewati dua alternatif, yakni melalui Jalan Brawijaya atau Jalan Kahuripan. Pasar yang buka sekitar pukul 08.00 hingga 18.00 ini sangat padat, ada yang berjualan di stan-stan yang telah disediakan hingga ada yang menggelar lapak di pinggiran jembatan yang membelah Malang.

Menarik sekali bukan? Bagi pengunjung yang ingin jalan-jalan atau mencari hewan-peliharaan tidak ada salahnya mampir ke Pasar Burung Splendid Malang yang konon keberadaannya sendiri sejak puluhan tahun silam.

naskah|foto : denty puspita meilani