Festival Rujak Uleg Surabaya kembali di gelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pahlawan ke 721. Masih sama dengan tahun sebelumnya, acara ini diselenggarakan di Jalan Kya – Kya Kembang jepun Surabaya.

Acara yang dibuka Walikota Surabaya Tri Rismaharini ini berlangsung meriah dan heboh, karena lebih dari 1.300 peserta tampil dengan dandanan heboh, menarik dan unik mengikuti festival rujak uleg. Peserta festival ini berasal dari berbagai macam instansi pemerintah maupun swasta, duta wisata Cak dan Ning surabaya hingga ada juga dari turis asing.

Masyarakat Surabaya dan sekitarnya sangat antusias akan acara ini terbukti ramainya pengunjung yang memadati arena festival rujak uleg. Masyarakat tidak hanya disuguhi hiburan musik dangdut selama acara berlangsung tetapi masyarakat juga bisa mencicipi langsung rujak uleg yang telah diuleg oleh peserta.

Menurut cak Dol yang menjadi peserta, berharap agar acara ini setiap tahun diadakan karena selain menjadi hiburan rakyat juga bisa melestarikan kuliner asli Surabaya ini. “Rujak Uleg ini juga suatu kebanggaan bagi seluruh masyarakat Surabaya,” kata Cak Dol.

naskah | foto : m. johan