DSC_0038

Menyambut Vesak Festival atau Festival Waisak kali ini, Buddhist Education Centre (BEC) menampilkan beberapa diorama menarik di Atrium Tunjungan Plaza 3. Yang paling menarik perhatian, terdapat patung Buddha setinggi 12 meter menjulang hingga lantai teratas mall.

DSC_0025Acara yang berlangsung sejak Kamis (28/05) tersebut akan berakhir tepat pada 3 Juni, dimana Hari Waisak dirayakan seluruh dunia. Selain patung Buddha raksasa, terdapat beberapa diorama yang mewujudkan empat topik ajaran Budha sebagai topik acara kali ini (Kemanusiaan, rasa syukur, saling berbagi kebahagiaan, dan menjadi baik dengan berbuat baik). Diantaranya diorama kelahiran pangeran Siddhatta Gautama, diorama pencerahan Sang Buddha, diorama Sang Buddha memasuki Parnibbana, Wall of Humanity, dan Social Bodhi-Tree.

Melalui diorama yang ditampilkan, pengunjung akan diajak untuk mengingat kembali pesan-pesan dari Sang Buddha terhadap masyarakat agar menjadi manusia yang lebih berharga.

Hari Waisak sendiri merupakan salah satu hari raya yang diperingati umat beragama Buddha di seluruh dunia. Hari dimana tepat terjadinya bulan purnama pada bulan Waisak (Penanggalan India) atau bulan Mei hingga June (penanggalan Georgian), untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam agama Buddha.

naskah : pipit maulidiya | foto : rangga yudhistira