Jika di hari libur biasanya lokasi wisata kebun binatang Surabaya hanya memajang koleksi binatang didalam sangkar/kandang masing – masing. Pada hari kemerdekaan Indonesia, pihak pengurus kebun binatang memberikan hiburan menarik dan yang pertama kali digelar kepada pengunjung dengan tema kemerdekaan.

Antusias pengunjung untuk menyaksikan pertunjukan tersebut membuat area wisata kebun binatang menjadi sesak oleh pengunjung yang penasaran. Beberapa wisatawan dari luar kota juga terlihat sangat antusias menunggu pertunjukan dengan sajian atraksi tersebut.

Sebanyak 6 jenis satwa koleksi kebun binatang Surabaya memeriahkan perayaan HUT RI ke-68 di area wisata tersebut. Pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia kali ini, satwa-satwa koleksi KBS (Kebun Binatang Surabaya) tersebut khusus dilatih selama dua hari penuh untuk memberikan atraksi pada pengunjung seperti adegan mengibarkan bendera merah putih.

Pertunjukan yang paling dinanti pada peringantan hari kemerdekaan tersebut adalah saat orang utan  Kalimantan membawakan bendera merah putih mengelilingi area pertunjukan. Beberapa hewan yang ditampilkan saat peringatan kemerdekaan Indonesia tersebut diantaranya, beruang Sumatera, orang utan Kalimantan, 3 ekor gajah, 2 ekor lingsang/wergol Jawa, 1 ekor makau Mexico, 1 ekor pelikan Australia.

foto/naskah : farid rusly