Selain es legen yang terkenal sebagai minuman khas Kota Gresik. Ternyata masih ada sajian minuman lainnya yang boleh dicoba, yakni Kolak siwalan. Disamping terkenal dengan agroindustrinya, Kota Gresik juga kerap dijadikan sebagai jujukan pelepas penat. Setelah lelah berjalan-jalan wisata, dan menikmati sajian kuliner nasi krawu. Saatnya segarkan tubuh dengan minum kolak siwalan.

Bila kita melintasi ruas jalan Jawa Gresik akan menjumpai pohon-pohon rindang yang berdiri tempat di suatu tempat sejuk. Warga Gresik menyebutnya Bundaran Gresik Kota Baru (GKB). Di sana banyak dijumpai para penjajah makanan dan minuman khas Kota Gresik.

Di tempat itulah kolak siwalan pas dijadikan minuman penyegar tubuh di kala sore hari. Bahannya dari buah siwalan segar yang dipotong-potong. Untuk sirupnya, berasal dari air siwalan yang dimasak mendidih bersama santan kelapa. Rasanya pun cukup legit dengan ditambah irisan pisang raja di dalamnya.

Bahkan, jika ingin special bisa ditambahkan bubur durian. Memang terasa terlalu banyak isi dan rasa. Namun justru di sinilah letak sensasinya. Salah satu penjual yang hampir lima tahun mangkal di Bundaran GKB ini adalah Ibu Tanti, 50 tahun. Dalam seharinya dia bisa menghabiskan 60 biji buah siwalan. Jika sedang tidak musim siwalan, maka Tatik menggantinya dengan kolang-kaling. “Langganan saya tetap suka, walaupun siwalannya diganti dengan kolang-kaling,” katanya.

(naskah:andrian saputri – foto:wt atmojo)