Dengar nama Sego Gajah, apa yang Anda pikirkan? Bukan berarti tersajikan sepiring nasi dan lauk gajah. Akan tetapi malah yang tersaji sebenarnya adalah seporsi nasi dengan porsi jumbo.

 Rempah Indonesian Resto di Jalan kedungsari no. 62 Surabaya punya cara unik dalam memberikan istilah nama sebuah menunya, yaitu Sego Gajah. Menu ini adalah nasi goreng maut, yang terdiri dari nasi goreng, mie, ayam diiris tipis, kubis, serta kerupuk sebagai pelengkap. Dengan porsi jumbo yang bisa dinikmati untuk lima orang harga yang dibandrol terbilang cukup terjangkau, hanya Rp. 9.900.

 Pihak pengelolah memakai nama sego gajah sebenarnya diambil dari cerita gajah dan kampung rempah. Kampung rempah ini ialah rempah resto itu sendiri. Rempah resto ini bukan hanya sebuah resto, melainkan memiliki koleksi bumbu rempah asli Indonesia. “Indonesia terkenal dengan negara penghasil rempah. Jadi kami mengajak pengunjung resto selain untuk makan juga mengenali bumbu rempah yang berasal dari Indonesia,” ujar Rahma, seorang staf Rempah Resto pada eastjavatraveler.com.

 Sego gajah memiliki tiga level pedas, yakni dari gajah sumuk, gajah mbeler, hingga gajah kobong. Rasakan sensasi pedas dibalik porsi sego gajah. Selain menu sego gajah, ada juga minuman khas yang menjadi pendamping dari sego gajah ini, yakni Es Bunaken. Minuman berbahan dasar strawberi ini menjadi minuman dingin yang pas untuk mengatasi rasa sumuk saat melahap nasi gajah.

 naskah : genoveva felicia | foto : febrianto sw