Anda pecinta fashion, tempat wisata belanja satu ini perlu dikunjungi. Didukung lokasinya yang strategis, membuat Wisata Tas Rajut Kaboki yang berada di Jalan Raya Sukorejo Bangil KM 55, Pasuruan ini banyak didatangi wisatawan yang ingin berbelanja tas.

Buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 4 sore, kecuali Minggu dan hari libur buka sampai pukul 6 sore. Pengunjung pun banyak yang berdatangan ke tempat ini, terutama saat akhir pekan. “Pengunjung biasanya datang dari luar kota, rata-rata ramai di saat weekend,” ujar Tria, karyawan Kaboki pada eastjavataraveler.com.

Di Kaboki tidak hanya menjadi ruang pamer untuk produk kerajian tas rajut berbahan benang polipropilen berbagai warna, tetapi juga menjadi factory sebagai tempat produksi langsung tas-tas rajut Kaboki, mulai dari proses finishing produk hingga pengemasan produk.

Proses produksi tersebut juga menjadi daya tarik lain yang dapat Anda nikmati di sini. Karena pengelola Wisata Tas Rajut Kaboki juga menawarkan paket kunjungan, yaitu factory tour, wisata keterampilan, wisata edukasi hingga wisata belanja.

Dalam factory tour dijelaskan bagaimana proses pembuatan tas rajut dan pernik lain. Diawali dengan pendistribusian bahan baku ke para pengrajin yang tersebar di beberapa daerah sekitar Pasuruan, kemudian menuju proses reject yaitu proses membersihkan benang dan menyortir hasil dari pengrajin.

Lalu mask ke proses tepong dan connecting yaitu memasang alas tas dan memasang furing serta resleting. Masuk ke proses cleaning (pembersihan sisa benang) dan quality control hingga packing atau pengepakan dan siap untuk didisplay di ruang pamer yang terletak di depan factory.

“Banyak pengunjung yang datang tidak hanya untuk berbelanja tetapi juga datang berkelompok untuk factory tour. Gratis tetapi harus membuat janji terlebih dahulu dengan menghubungi 0343-615461,” jelas Tria.

Sebagai informasi, usaha tas rajut Kaboki ini diawali pada tahun 1989 di Kuta, Bali dengan nama Elliott Lucca, kemudian pada tahun 1994 membuat untuk pangsa pasar ekspor dengan label The Sak dan tahun 2002 dibuat untuk pasar lokal dengan merk Kaboki. Pada tahun 2007 lokasi factory direlokasi dari Kuta ke Pasuruan ini.

naskah|foto : denty puspita meilani