Kepedulian akan lingkungan hidup dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menanam pohon sampai dengan langkah penghematan energi listrik. Kesadaran ini yang membuat World Wide Fund for Nature (WWF) memotori sebuah gerakan kesadaran lingkungan hidup. Tujuannya mengirimkan pesan ke seluruh dunia tentang kesadaran menjaga planet dan lingkungan hidup.

Earth Hour, nama program ini, dilakukan dengan cara mematikan lampu selama enam puluh menit. Dan Sheraton Surabaya Hotel and Towers ikut serta dalam program itu. Sebagai wujud kepedulian, Sheraton menggelar acara memadamkan lampu di area luar hotel dan beberapa area umum, seperti restaurant dan bar. Sehingga, penyinaran digantikan dengan cahaya lilin. Program ini digelar pada sabtu (23/3), mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.

“Mematikan lampu selama satu jam, saya kita adalah gerakan yang menyelamatkan dunia,” ucap Togar Arifin Silaban dari Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Surabaya, saat menghadiri acara itu. Sebelumnya, himbauan pemadaman listrik ini sudah dilakukan di media massa elektronik. “Himbauan sudah diberikan di televisi dan internet. Saya harap ada masyarakat yang berpartisipasi,” imbuhnya.

naskah dan foto : ella