Untuk menyemarakkan hari filateli yang jatuh pada 29 Maret mendatang, Huse Of Sampoerna menggelar pameran benda – benda pos. pameran tersebut bekerjasa dengan Kantor Pos Kebonrojo dan Komunittas Perkumpulan Filateli Indonesia Jawa Timur (PFI). Pameran tersebut dapat dinikmati dari tanggal 23 Maret sampai 03 April 2011 di Museum HoS.

Lebih dari 1700 benda pos dipamerkan. Benda-benda itu terdiri dari perangko, kartu pos dan amplop. Dalam pameran itu juga dipamerkan perangko pertama Indonesia dan replika perangko pertama di dunia.

Perangko-perangko tersebut ditempelkan pada sebuah gaun bergaya Eropa yang dipakai manekin. Total benda pos yang ditempelkan pada gaun sebanyak 6427, yang terdiri dari kartu pos, perangko bekas dari dalam dan luar negeri serta perangko terbaru.

Filateli sendiri adalah kegemaran mempelajari dan meneliti lebih lanjut mengenai perangko. Awalnya, perangko digunakan sebagai tanda pelunasan biaya pengeposan. Namun, seiring berkembang, menjadi benda koleksi yang besar daya tariknya.

Selain bertujuan memberikan wawasan tentang Filateli terhadap masyarakat, pameran yang dikemas unik itu agar pengunjung kembali tergugah dan berminat untuk surat – menyurat menggunakan perangko sebagai medianya.

naskah dan foto : fran noto