Di indonesia, pohon bambu memang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat kita. Seperti yang kita banyak ketahui, bambu merupakan satu jenis rumput-rumputan yang memiliki tekstur batang yang berongga. Dari zaman dulu, bambu sudah sering dimanfaatkan untuk berbagai jenis kebutuhan, seperti yang dilakukan Kementerian Kehutanan untuk terus menggalakkan jenis prioritas Hasil Hutan Bukan Kayu(HHBK), salah satunya adalah bambu yang mulai dikenalkan untuk beberapa kebutuhan pengganti kayu untuk bahan bangunan maupun mebel.

Namun bagaimana dengan fungsi bambu yang kini dapat dimanfaatkan sebagai alat pendukung untuk sajian makanan. Mungkin tak banyak orang tau kalau tanaman bambu bisa dikreasikan untuk pelengkapan menu makanan. Bagi yang mulai penasaran dengan kreatifitas ini, The Alana Surabaya hadir dengan konsep menu makanan baru yang mencoba mengkreasikan hal itu. Dengan keahlian seorang Chef pilihan hotel Alana yang profesional, tanaman bambu kini mampu hadir berdampingan dengan salah satu menu mereka yang lezat.

1Mulai bulan Januari hingga Maret 2014, terdapat promo masakan lezat di dalam bambu. Disediakan 3 (tiga) macam menu yang dapat dipilih oleh pengunjung. Ayam Masak di Bambu dengan Daun Singkong, Ikan Kerapu Masak di Bambu dengan Rebung dan Jamur, serta Udang & Cumi Masak di Bambu dengan Acar Sayur. 3 (tiga) macam jenis makanan tersebut dipilih karena merupakan masakan khas nusantara. Dan tema traditional nusantara yang melatar belakangi dibuatnya promo masakan di dalam bambu ini.

Executive Chef The Alana Surabaya Susanto Antok memilih menggunakan bambu hitam dari daerah Magetan, bertujuan untuk mendapatkan bambu dengan kualitas yang kuat, dan diameter rongga bambu yang didapatkan juga lebih besar dari bambu lain kebanyakan. Keseluruhan masakan dimasak setengah matang terlebih dahulu, selanjutnya dimasukkan kedalam bambu untuk dipanggang di atas bara api.

Bagi yang mulai penasaran dengan menu unik satu ini, Alana Surabaya telah menyiapkan promo “Delicious Foods in Bamboo” ini yang dapat dinikmati pengunjung Oryza Coffee Shop yang terdapat di The Alana Surabaya dengan harga yang terjangkau yaitu mulai dari harga Rp 32.000,- net per porsi.

naskah/foto : farid rusly | alana