Semilir angin wilayah pesisir berhembus menyeru tubuh, diiringi derau ombak terdengar lirih ditambah sapa hangat sang senja kala itu setia menemani. Tak luput rintih batang pepohonan yang ditanam ditanah yang sedikit basah dan lembek semakin membuat suasana sejuk dan tenang.

Sore itu EastJava Traveler sengaja mampir ke salah satu wisata hutan mangrove yang ada di Surabaya. Sambil mengetahui suasana ngabuburit Ramadhan di kawasan ini. Sekedar ingin menyaksikan hiburan sekaligus pelajaran wisata alam ini memang sangat mengasyikan, ditambah dengan suasana sekitar tampak rapi dengan barisan papan yang memang sudah disiapkan untuk para wisatawan menikmati pemandangan hutan mangrove.

Terletak di pesisir Pantai Wonorejo (Pantai Timur Surabaya). Tempat ini juga pas untuk warga kota yang ingin merasakan sejuknya pesona alam dengan berbagai isinya. Awalnya kita sempat ragu untuk mengunjungi lokasi ini di awal bulan Ramadhan, Namun apa yang didapat oleh tim eastjava traveler, wow, ternyata tak sedikit wisatawan yang datang di tempat ini sore itu. Hal ini karena saat itu juga bertepatan dengan hari libur pelajar awal ramadhan.

Setelah diresmikan sejak 9 agustus 2009 lalu, tempat wisata edukasi ini telah banyak mengalami perbaikan saat ini. Berbagai fasilitas yang mendukung para wisatawan dalam kota maupun luar kota sekarang sudah cukup baik, seperti tempat ibadah, lokasi kuliner, area parkir hingga akses jalan untuk menikmati hutan mangrove juga sudah lebih baik.

Hal inilah yang membuat para wisatawan memilih lokasi ini sebagai salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu sambil ngabuburit jelang buka puasa. tak hanya wisatawan dari Surabaya saja yang datang, beberapa wisatawan dari luar kota seperti, Bandung, Jakarta dan magelang juga terlihat memanfaatkan lokasi ini sebagi tempat wisata bagi keluarga.

Ditempat ini, mereka mengaku mendapat suasana yang sangat berbeda dibanding hanya berlibur ditengah kota. Berbagai aktifitas bisa dilakukan disini selain menikmati sejuknya pemandangan alam ditengah hutan mangrove ini. Selama perjalanan menuju pusat pantai wisatawan juga diberi wawasan tentang berbagai satwa dan tumbuhan dengan papan informasi yang dipasang disetiap tepi jalan. Bagi para pengunjung yang tidak pada kondisi puasa juga tidak perlu khawatir, pengelola wisata magrove juga menyediakan lokasi kuliner tersendiri bagi mereka.

Dengan pilihan wisata alam yang seperti ini, mereka mengaku hal ini akan menjadi pilihan wisata yang cukup menarik bagi para wisatawan di bulan ramadhan untuk ngabuburit mengunggu waktu berbuka puasa.

naskah/foto : farid rusly