Ingin merasakan citarasa kuliner yang tak biasa? Coba rasakan masakan khas India yang bumbu rempahnya sangat menggoda.

Sajian nikmat itu dapat Anda temui di Sitara Indian Cuisine, sebuah resto yang terletak di bilangan Jl Hayam Wuruk Surabaya. Begitu mengiring langkah masuk ke ruangan resto ini aroma rempah-rempah sangat kuat. Tak salah karena menu-menu India memang ada pada bahan-bahan itu.

Disambut keramahan pramusaji berbusana sari khas India, EastJava Traveler mencoba palingkan perhatian nuansa ala negeri India nampak pula pada banyaknya lukisan dan pernak-pernik yang begitu khas terpajang di etalase. Kemudian iringan alunan musik India makin membawa kita serasa ada di negeri yang mayoritas penduduknya beragama Hindu itu.

Setelah masuk lebih dalam, kita dapat melihat hamparan padang golf dengan warna hijau yang menyejukkan mata. Di samping kaca yang menghadap padang golf, terdapat sofa-sofa yang bisa digunakan untuk duduk para tamu yang ingin bersantai sembari menikmati makanan dan pemandangan. Di dekat pintu masuk juga terdapat mini bar dengan berbagai botol minuman yang tertata dengan rapi di etalase.

Restaurant yang sudah buka mulai Maret 2004 ini memiliki menu masakan yang sangat bermacam-macam. “Di tempat kami ini, masakan bercitarasa India ada kurang lebih 150 macam menu,” ujar Suyitno, Manager Sitara Indian Cuisine.

Di tempat ini, menu masakan India terbagi menjadi dua macam. Ada yang ala vegetarian dan ada yang non-vegetarian. Untuk masakan vegetarian yang favorit di tempat ini ada masala dosa, sayuran, kentang, bawang bombay dan paprika yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah, lalu ditumis menjadi satu setelah itu digulung dengan kulit yang menyerupai crepes. Penyajian masakan ini didampingi dengan Sambar, yaitu kuah yang hampir mirip dengan sayur asem. “Masakan ini adalah masakan khas dari wilayah India Selatan,” imbuh Suyitno.

Selain beberapa menu masakan vegetarian itu. Mungkin Anda patut mencoba juga menu kebab vegetarian yang diolah dengan berbagai macam pilihan. Seperti, paneer spring roll, paneer tika, paneer saslick, mix vegetable tandoor, tandoori aloo dan masih banyak masakan menarik lainnya.

Sedangkan yang vegetarian curry ada berbagai macam masakan. Seperti ghobi mancurian, navatran korma, malay kofta, khadi curry, matter paneer, dhal fry tarka, dan masih banyak pilihan vegetarian curry lainnya yang tersedia.

Sebagai makanan pembuka masakan vegetarian ada Paper Masala, yaitu bawang bombay tomat, daun ketumbar yang sudah di potong kecil-kecil ditaburi cabai bubuk dan chat masala (garam India), dan alasnya memakai kerupuk yang ukurannya cukup besar. Ada juga hara kabab, aloo tiki, paneer loly pop, vegetable mancurian, vegetable samosa dan masih banyak lainnya.

Untuk masakan yang non-vegetarian yang paling favorit di resto ini adalah chicken tandoori. Menu ini adalah ayam bakar khas India, selain itu ada juga kare ayam dan kare kambing. “Pastinya semua masakan ini cocoknya dimakan dengan roti India dan nasi India,” lanjut pria yang sudah empat tahun ini bekerja di Sitara Indian Cuisine ini.

Roti India di tempat ini juga ada bermacam-macam jenisnya. Seperti roti parata, chepati dan nan. Untuk roti yang parata dan chepati ini bentuknya lebih tipis, sedangkan roti nan lebih tebal.

Sedangkan untuk minumannya, menu favorit di tempat ini adalah mango lazzy, yakni jus mangga yang di-blender atau dicampur dengan yogurt. Ada juga masala tea, sebuah minuman segar dengan teh India yang direbus bersama rempah dan susu. “Bedanya teh India ini adalah merebusnya menggunakan susu bukan air,” kata Suyitno lagi.

Ragam Promo
Untuk memanjakan para tamu, restaurant yang terletak di Jalan Hayam Wuruk 54-A, Surabaya ini, memiliki promo menu baru yaitu Kalmi Kebab. Sebuah menu yang terdiri dari paha ayam yang dibakar dengan menggunakan rempah khas India. Bumbu yang dipakai di restaurant tersebut memakai bumbu original dari India yang sudah dikirim ke Jakarta.

Setelah menikmati hidangan atau sebelum pulang juga akan disuguhi souf, sejenis permen yang bentuknya seperti biji-bijian kecil yang terbuat dari rempah dengan rasa manis dan pedas.

Tidak hanya memanjakan para tamu dengan menu yang begitu menggugah selera saja. Sitara Indian Restaurant juga memiliki hall untuk pesta dan bisa menampung sekitar 100-150 orang. Setiap Rabu malam juga ada live music yang akan mengiringi para tamu untuk menyantap makanan yang telah tersedia. Dan ada juga layanan pesan antar dengan minimum order Rp. 100 ribu dengan ongkos kirim Rp. 15 ribu. Jadi tempat ini kiranya cocok untuk hang out bersama teman, rekan kerja, ataupun bersantai bersama keluarga.

naskah dan foto : arista ika p

SITARA INDIAN RESTAURANT
Jalan Hayam Wuruk 54-A, Surabaya
(031)-5616218, 5667353
Open Daily : 11.00-15.00 WIB, 18.00-22.30 WIB